Jembatan Penghubung Prabumulih - Pali Ambruk

Jembatan Penghubung Prabumulih - Pali Ambruk

PERBAIKAN : Beberapa waktu lalu para santri dari ponpes Al Rozi memperniagakan jembatan penghubung yang rusak meski akhirnya tak bertahan lama. Foto: ist --

//Pembangunan Terkendala Titik Koordinat
 
PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID -  Jembatan penghubung Prabumulih tepatnya di Kelurahan Sungai Medang, Kecamatan Cambai, Prabumulih - Pali ambruk.
 
Kondisi ini dikeluhkan warga. Betapa tidak, kendaraan yang biasa melintas harus putar balik dan lewat dari arah Modong yang jaraknya jauh lebih memakan waktu.
 
"Jembatan itu sudah sangat rusak, selain sudah tua juga karena sering dilewati tonase kendaraan yang tidak sesuai. Jadi kami selaku pengguna menuju pondok pesantren sangat kesulitan," kata Ustad Djoe salah satu pengurus ponpes Al Rozi yang ada di Kabupaten Pali, Senin (12 September 2022).
 
Dikatakan Ustad Djoe beberapa waktu lalu para santri sempat melakukan perbaikan jembatan dari hasil sumbangan para ustadz ustazah dan donatur. "Perbaikan dilakukan bersama para santri, tapi ternyata tidak bertahan lama," imbuhnnya berharap agar jembatan tersebut diperbaiki secara permanen.
 
Sementara itu Lurah Sungai Medang Kecamatan Cambai, Dedi Arman dikonfirmasi mengungkapkan kerusakan jembatan sudah diperbaiki secara gotong royong oleh masyarakat. 
 
" Minggu depan kita akan gotong royong lagi," ujar Lurah Sungai Medang, Dedi Arman, Senin (12/9).
 
Rusaknya jembatan, kata Dedi. Lantaran dilalui truk pengangkut pasir yang kapasitasnya melebihi muatan jembatan yang membuatnya ambruk. "Jembatan ini dulunya hanya dilalui motor, kalau mobil melintas lewat jalur sungai. Namun karena jembatan Tanjung Dalam Pali sudah bagus, jadi banyak mobil lewat jembatan Sungai Medang ini," sebutnya.
 
Masih kata Dedi, pihaknya sudah sering mengusulkan jembatan saat reses DPRD maupun ke Pemkot Prabumulih. "Namun karena terkendala titik koordinat jembatan ini masih masuk daerah Muara Enim, selain itu untuk membangun 1 jembatan memakan biaya hingga Rp1 miliar jadi tak kunjung terealisasi," jelasnya mengaku jembatan juga sudah ditinjau partai Golkar yang berjanji akan memperbaikinya.
 
Betapa tidak, kata dia. Jembatan Sungai Medang sudah sejak 20 tahun terakhir tak pernah diperbaiki. Ivan, salah-satu pengendara yang lewat mengaku kesulitan lewat dari jembatan yang rusak. 
 
"Biasanya dari jembatan ini terus kami lewat ke Pali. Tapi karena rusak jadi harus putar balik. Untung saja sudah diperbaiki walaupun belum selesai semua," tukasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: