15 SMP di Prabumulih Akreditasi A, Ada Sekolah Swasta, Ini Daftarnya!

Sabtu 15-06-2024,08:47 WIB
Reporter : Eka
Editor : Ros Diana

15 SMP di Prabumulih Akreditasi A, Ada Sekolah Swasta, Ini Daftarnya!

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Terdaftar 15 SMP (Sekolah Menengah Pertama) Negeri dan Swasta di Kota Prabumulih yang sudah akreditasi A.

Dari 15 sekolah terakreditasi A tersebut, 11 merupakan sekolah Negeri dan 4 merupakan sekolah SMP swasta.

Jumlah sekolah terakreditasi A ini cukup membanggakan. Betapa tidak, total sekolah SMP di Kota Prabumulih sekitar 22 sekolah. 

Untuk memperoleh nilai akreditasi sangat baik tersebut, satuan pendidikan harus memenuhi beberapa standar pendidikan yang sesuai dengan tim penilai dari Badan Akreditasi Nasional (BAN). 

BACA JUGA:REKOR BARU! Alumni SMAN 3 Prabumulih Angkatan 19, Terbanyak Lulus PTN

BACA JUGA:SELAMAT! 7 Siswa SMKN 1 Prabumulih Lulus SNBP, Ini Daftar Namanya

Adapun komponen yang harus dievaluasi (dinilai) dalam akreditasi sekolah meliputi: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan.

Kemudian standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar penilaian pendidikan.

Dikutip dari laman resmi BAN-SM, akreditasi bertujuan untuk menilai kelayakan suatu lembaga pendidikan yang mengacu pada Standar nasional pendidikan (SNP).

Jadi akreditasi bukan hanya sekadar pemberian label atau sertifikat, tetapi juga merupakan suatu proses evaluasi yang komprehensif terhadap lembaga pendidikan. 

BACA JUGA:Torehkan Prestasi, SDN 39 Prabumulih Juara 3 Lomba Pantomim FLS2N Tingkat Kota

BACA JUGA:Pesan untuk Warga Prabumulih Nih! Balita, Catin dan Bumil harus ke Posyandu

Akreditasi sekolah juga membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan lembaga tersebut, serta memberikan panduan untuk perbaikan yang berkelanjutan.

Pengaruh akreditasi sekolah juga sangat penting. Dimana Pelaksanaan akreditasi diharapkan dapat mendorong atau menciptakan suasana kondusif bagi pertumbuhan pendidikan dan memberikan arahan untuk evaluasi diri yang berkelanjutan.

Kategori :