Pilkada 2024, Kejari Prabumulih Siapkan Sentra Gakkumdu

Sabtu 27-07-2024,12:20 WIB
Reporter : Ros Diana
Editor : Ros Diana

Pilkada 2024, Kejari Prabumulih Siapkan Sentra Gakkumdu 

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada 27 November 2024, Kejaksaan Negeri (Kejari) Prabumulih telah membentuk Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Kristiya Lutfiasandhi SH MH, Kepala Kejaksaan Negeri Prabumulih, didampingi oleh Kasi Intelijen M Ridho SH MH dan Kasi Pidsus Safei SH MH, mengungkapkan bahwa pembentukan Posko Gakkumdu ini dilakukan berdasarkan instruksi pimpinan dan sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku.

Posko Gakkumdu ini merupakan langkah strategis Kejari Prabumulih dalam mengantisipasi serta menangani berbagai kasus yang terkait dengan Pilkada mendatang, termasuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Prabumulih.

"Berdasarkan instruksi pimpinan dan undang-undang, kami telah membentuk Posko Gakkumdu dan menyiapkan beberapa jaksa untuk menangani perkara-perkara yang berkaitan dengan pemilihan umum," ungkap kata Kristiya Lutfiasandhi.

BACA JUGA:Pasangan Cawako - Cawawako Prabumulih Bergema Kantongi Rekomendasi Partai Nasdem

BACA JUGA:Menanti 'Kursi Empuk' DPRD Kota Prabumulih, 5 Incumbent Dipastikan tak Duduk, Siapa Wajah Baru?

Kris, yang sebelumnya menjabat sebagai koordinator intel di Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, menegaskan pentingnya kesiapan ini mengingat kompleksitas Pilkada serentak yang meliputi berbagai tingkatan jabatan di daerah tersebut.

Langkah antisipatif ini meliputi tidak hanya pembentukan posko tetapi juga penyiapan jaksa-jaksa yang terampil dan berintegritas tinggi untuk menangani segala aspek yang berkaitan dengan pemilihan umum.

"Saat Pilkada nanti ada dua pemilihan yaitu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Prabumulih. Terkait itu, kita sudah menyiapkan langkah antisipasi," tuturnya.

Kejari Prabumulih memastikan bahwa para jaksa yang ditunjuk telah siap secara profesional untuk menangani berbagai kemungkinan kasus kepemiluan yang dapat timbul selama proses Pilkada.

Kris juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta aktif dalam memastikan kelancaran pelaksanaan Pilkada.

BACA JUGA:Ketua Demokrat Deni Victoria Optimis Demokrat di Prabumulih jadi Partai Pemenang

BACA JUGA:Partai Demokrat Prabumulih Torehkan Rekor, Ketua DPC Suara Tertinggi, 5 Caleg Diprediksi Duduki Kursi DPRD

 Dalam kesempatan itu menekankan pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan menjaga hubungan baik dengan seluruh komponen masyarakat demi suksesnya Pilkada yang adil dan transparan.

Kategori :