Transformasi Digital Indonesia: GPU-as-a-Service Telkomsel Hadir dengan Dukungan 5G

Sabtu 24-08-2024,17:38 WIB
Reporter : Erna
Editor : Ros Diana

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID – Telkom Group, melalui anak usahanya Telkomsel, baru saja meluncurkan layanan GPU-as-a-Service (GPUaaS).

Langkah ini bertujuan untuk mempercepat penggunaan teknologi Kecerdasan Buatan (AI) di Indonesia. 

Dalam kerjasama strategis dengan Singtel dan Bridge Alliance, Telkomsel berencana memanfaatkan infrastruktur 5G yang luas untuk membantu bisnis di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, dalam memaksimalkan potensi AI.

Bogi Witjaksono, Direktur Wholesale & International Service Telkom Indonesia, mengungkapkan bahwa GPUaaS memungkinkan perusahaan untuk menerapkan AI secara lebih luas, mengurangi pengeluaran, dan mempercepat proses inovasi. 

BACA JUGA:5 Cara Efektif Mengatasi Keringat Berlebih di Cuaca Panas

BACA JUGA:Simak! Cara Menanam dan Merawat Bougenville untuk Halaman Rumah yang Lebih Menarik

Kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia dan sektor-sektor industri seperti ritel, manufaktur, dan keuangan.

Bill Chang, CEO Digital InfraCo Singtel, menambahkan bahwa kolaborasi ini akan mempercepat integrasi AI di berbagai sektor di Asia Tenggara dan mendukung transformasi digital ekonomi kawasan tersebut.

Proyeksi Pertumbuhan AI di IndonesiaAI diperkirakan dapat menyumbang hingga US$ 1 triliun bagi ekonomi Asia Tenggara pada tahun 2030. 

Dengan dukungan jaringan 5G Telkomsel, layanan GPUaaS berpotensi membantu perusahaan di Indonesia dalam mengoptimalkan operasional dan meningkatkan interaksi pelanggan melalui solusi AI.

BACA JUGA:Peramal India Prediksi Kiamat 29 Juni 2024, Netizen: Jadi Gak Nih?

BACA JUGA:Informasi HOAX! Ida Dayak Praktek di Patra Ria

Wong Soon Nam, Direktur Planning & Transformation Telkomsel, menyatakan bahwa layanan ini akan membuat teknologi AI lebih terjangkau dan efisien bagi pelaku bisnis di Indonesia. 

Telkomsel berkomitmen untuk memperkuat ekosistem digital di Indonesia dan mendukung kemajuan digital nasional melalui inovasi dalam teknologi AI.

Pada fase awal, GPUaaS akan didukung oleh NVIDIA H100 Tensor Core GPU, dengan rencana untuk ekspansi lebih lanjut termasuk server AI generasi mendatang mulai pertengahan 2025. 

Kategori :