Minta Jaga Kualitas Serat Nanas

Minta Jaga Kualitas Serat Nanas

PRABUMULIH — Minggu lalu, Walikota (Wako) Ir H Ridho Yahya MM bersama jajaran mengunjungi Kantor Nextevo Internasional Pte Ltd Singapura. Kunjungan orang nomor satu di Kota Nanas ini, guna memastikan perusahaan tersebut memang perusahaan besar dan serius terhadap pembelian serat nanas di hasilkan petani Prabumulih.

Wako juga melakukan paparan terhadap  Founder and CEO Nextevo Internasional Pte Ltd Singapura, Harold Koh terkait proses produksi serat nanas guna memenuhi permintaan serat nanas dikirim petani nanas di Prabumulih.

Nah, Selasa kemarin (21/6/2022), jajaran Nextevo Internasional Pte Ltd Singapura dipimpin langsung Founder and CEO-nya, Harold Koh melihat proses produksi dari hulu ke hilir serat nanas di Bumi Seinggok Sepemunyian ini. Mulai pengambilan daun nanas hingga proses produksinya dari mesin hingga ke penjemurannya menjadi kering menjadi serat nanas.

Wako, Ir H Ridho Yahya MM dalam sambutannya mengatakan, para petani nanas harus selalu menjaga kualitas serat nanas dihasilkan. Sehingga, harganya terus bagus dan tinggi.

“Kalau buahnya, hanya bisa diolah sebagai makanan saja dan ada masa kadaluarsa. Seperti kue nanas, dodol, dan lainnya. Sementara itu, serat nanas tidak ada masa kadaluarsa,” jelas Ridho, sapaan akrabnya.

Maka dari itu, suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini Pemkot turun tangan, siapa pun warga mana pun menghasilkan serat nanas bisa mengirimkannya menjadi komoditi ekspor memenuhi permintaan Nextevo Internasional Pte Ltd.

“Tujuan akhirnya, bisa meningkatkan pendapatan masyarakat. Khususnya, petani nanas di Kota Migas ini mengolah daun nanas menjadi serat nanas,” bebernya.

Ayah tiga anak ini berinisiatif, guna memastikan kualitas serat nanas terjaga. Pemkot, kata dia akan menyiapkan orang khusus mengontrolnya. “Tetapi, juga Nextevo Internasional Pte Ltd juga akan menerjunkan orang memastikan hasil produksi serat nanas diproduksi. Sementara ini, tidak menargetkan produksinya perbulan. Secara berangsur terus memproduksi serat nanas, guna memenuhi permintaan ekspor,” tukas Politisi Golkar ini.

Founder and CEO Nextevo Internasional Pte Ltd, Harold Koh didampingi penerjemah mengatakan, sangat senang datang ke Prabumulih, karena Wako berkunjung ke Singapura minggu lalu ke kantornya.

“Mempresentasikan program membantu masyarakat dan peduli lingkungan sangat menarik perhatian saya,” terang Harold.

Ia menjelaskan, Nextevo Internasional Pte Ltd merupakan perusahaan mengelola serat nanas menjadi textile dan fashion. “Adanya pengelolaan serat nanas ini, Nextevo Internasional Pte Ltd membelinya dan mengelolanya. Perusahaan kita, menjual serat nanas ke perusahaan di seluruh dunia guna memenuhi permintaan pasar,” akunya.

Kini, terangnya Nextevo Internasional Pte Ltd memiliki tiga kantor. Yaitu, Jakarta (Indonesia), Singapura, dan Rayong (Thailand)

“Menggunakan serat nanas diproduksi petani ini, sehingga berharga dan bisa menambah pendapatan bagi petani. Kita dorong juga, petani meningkatkan volume produksi guna memenuhi kebutuhan perusahaan kita,” tutupnya. (03)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: