Tes BTA Sebagai Upaya Pemetaan Program Sekolah

Tes BTA Sebagai Upaya Pemetaan Program Sekolah

Prabumulihpos.co.id - Tes kemampuan Baca Tulis Alquran (BTA) dalam rangkaian penerimaan peserta didik baru di setiap satuan pendidikan Kota Prabumulih, merupakan hal sangat penting. Selain sebagai filter pembatasan dalam seleksi, juga merupakan upaya pemetaan bagi pihak sekolah untuk menjalankan program Sekolah, di masa depan.

Pasalnya, BTA dalam juknis PPDB SMP merupakan salah satu syarat, khususnya bagi sekolah dindakam Kota yang dengan jumlah peminat yang cukup tinggi. 

Hal ini juga merupakan upaya Dinas Pendidikan dalam merealisasikan program pemerintah kota Prabumulih untuk menuju Kota Prabumulih religius, sebagai salah satu visi misi Kota Prabumulih dibawah pimpinan Ir H Ridho Yahya MM dan H Andriansyah Fikri SH.

"Semua satuan pendidikan mengadakan tes BTA sebagai rangkaian seleksi Penerimaan Peserta Didik baru. Selain sebagai pemetaan tes BTA juga menjadi syarat di salah satu satuan pendidikan yang ada di Kota Prabumulih, yang tinggi minatnya," jelas Kepsek SMP 12 Prabumulih, Mesni Haslina SPd MSi, belum lama ini.

Namun di SMP N 12 Prabumulih, tes BTA hanya sebagai pemetaan untuk menjalankan program sekolah di tahun ajaran baru mendatang. Karena sekolah yang beralamat di Jalan lintas Kelurahan karang Raja ini, terbilang menjadi solusi untuk warga sekitar sekolah. Dengan jumlah yang bisa memenuhi kuota sesuai kebutuhan. 

"Kita belum bisa menjadikan BTA sebagai salah satu syarat untuk masuk ke SMP 12, kita cuma upaya untuk pemetaan ketika ada ekskul BTA, maka bisa menyesuaikan, apakah ikut kelas iqra' Al Qur'an atau bahkan sudah bisa mengaji dengan tajwid. Tapi Alhamdulillah sejauh ini, semua siswa sudah mengenai huruf Hijaiyah," tambah Waka Kesiswaan SMPN 12 Prabumulih, Lia Susanti SPd yang juga merupakan panitia PPDB.

Diketahui SMP 12 tahun ini, menerima kuota siswa baru sebanyak 160 orang. Jumlah tersebut sudah terpenuhi, dari dua jalur penerimaan siswa baru, yaitu Zonasi, prestasi, afirmasi dan prestasi. "Saat ini sudah pengumuman jalur zonasi, dan mulai masuk tahap daftar ulang para siswa baru usai diumumkan," tambahnya.(05)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: