Buah Hingga Daun Bermanfaat, Petani Nanas Dapat Keuntungan Berlipat

Buah Hingga Daun Bermanfaat, Petani Nanas Dapat Keuntungan Berlipat

KARANG JAYA - Daun Nanas yang selama ini tidak bermanfaat, dan hanya dibuang sia-sia kini justru bernilai ekonomi.

Hal ini, tentu membuat petani Nanas terutama di Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Prabumulih Timur, makin bergairah dan bersemangat.

Betapa tidak, sejak beberapa bulan ini. Daun Nanas sudah bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi benang bahkan sudah diekspor ke luar negeri.

Kelompok Tani Katya Muda Kelurahan Karang Jaya, Siska Antoni atau Ateng menuturkan saat ini di perkebunan Nanas ada yang terbuang. "Mulai daun, buahnya semua ada manfaat. Kalau dulukan cuma buahnya saja yang dipetik, sekarang buah dan daun nanas bernilai uang," ujarnya mengatakan ada banyak petani Nanas di Kelurahan Karang Jaya.

Disampaikannya, untuk buah nanas yang kecil juga biasanya hanya terbuang dan busuk. Nah, saat ini sudah bisa dibuat keripik ataupun air minum. "Alhamdulillah, warga makin senang. Tidak ada yang terbuang dari nanas ini sekarang. Semua bisa diolah. Buah bisa dimakan, kulitnya jadi benang," imbaunya.

Disampaikannya, saat ini ada keuntungan berlipat yang didapat oleh warga terutama petani. Sebab kata dia, selama ini daun nanas memang harus rutin dek bersihkan. "Nanas itu kalau sudah banyak daunnya, memang harus di bersihkan. Dan itu berdampak pada kesuburan nanas. Bedanya kalau dulu setelah dibersihkan dibuang sekarang dimanfaatkan," jelasnya menambahkan untuk bahan daun nanas saat ini sangat melimpah.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Karang Jaya Jekky Fernando SH mengungkapkan pemerintah sangat mendukung dan mensupport kelompok tani mulai dari pembukaan lahan hingga penyedian gudang serta peralatan.

"Bersama warga dan kelompok tani, kita juga manergetkan Kelurahan Karang Jaya menjadi agrowisata nanas di Kota Prabumulih," pungkasnya.(08)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: