60 Siswa Ikuti OSN Serentak Seluruh Indonesia

60 Siswa Ikuti OSN Serentak Seluruh Indonesia

Prabumulihpos.co.id - Sebanyak 60 orang siswa SMP dari 20 sekolah di Kota Prabumulih, mengikuti kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SMP serentak seluruh Indonesia. Kegiatan OSN di Kota Prabumulih dipusatkan di SMPN 4 Prabumulih, Selasa (28/7/2022).

Sebelum mengikuti kegiatan yang sudah terjadwal dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), para peserta Lomba mendapatkan wejangan dari Kabid Pembinaan SMP, Pedro Santoso AB SPd MSi, agar tetap semangat dan mengisi soal dengan teliti. 

"Kita berharap ada perwakilan dari Kota Prabumulih, sampai ke tingkat Nasional. Seperti sebelumnya, ada perwakilan yang sampai masuk nominasi ke tingkat nasional. Semoga tahun ini ada yang menjadi juara,"harap mantan Kepsek SMPN 2 Prabumulih ini. 

Sementara Kasi Peserta Didik dan pendidikan Karakter bidang SMP Kota Prabumulih, Rita Sukanta MPd menambahkan bahwa saat ini tahapan seleksi babak penyisihan yang diikuti oleh sebanyak 60 orang peserta, dari 20 perwakilan SMP baik Negeri maupun swasta di Kota Prabumulih.

"Masing masing sekolah mengirimkan 3 orang peserta. Satu siswa mengikuti satu mata pelajaran, yaitu matematika, IPA dan IPS," jelasnya.

Lanjutnya, karna pelaksanaan lomba menyesuaikan dengan jadwal secara serentak maka, para siswa hanya dibekali oleh Kabid Pembinaan SMP lantaran menunggu waktu server dibuka. "Kita juga mengingatkan agar pendamping memastikan bahwa jawaban peserta benar benar terkirim," jelasnya seraya mengatakan OSN dilakukan secara online.

Sementara salah seorang peserta, Berta dari SMP Yayasan Bakti mengatakan bahwa semua soal yang dikerjakan sebanyak 25 soal, berbeda dengan soal yang dijawab saat simulasi. Dan sebagai upaya persiapan wanita dari SMP yb ini belajar soal matematika dari buku LKS (lembar kerja siswa).

"Alhamdulillah ada beberapa soal yang saya pelajari di LKS ada yang sama meskipun angkanya berbeda, Setidaknya saya ada modal untuk menjawab jenis soal yang sama. Tapi saat simulasi semua soal benar-benar beda dengan soal yang diujikan," tuturnya.

Meski soal cukup berat dia berharap bisa masuk nominasi dan dapat mengharumkan nama baik Kota Prabumulih. "Harapan kita sama semoga ada perwakilan dari kota Prabumulih yang bisa masuk nominasi hingga ke tingkat nasional," harap Berta.(05)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: