Sarana dan SDM Memadai

Sarana dan SDM Memadai

//Akbid Rangga Husada Ajukan Peningkatan Status

Prabumulihpos.co.id – Akademi Kebidanan Rangga Husada Kota Prabumulih, mulai sampaikan upaya peningkatan status bentuk Perguruan Tinggi dari Akademi Kebidanan Rangga Husada menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Rangga Husada.

Salah satunya syarat untuk meningkatkan status adalah mulai menyampaikan Penambahan Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, jika selama ini hanya ada untuk kebidanan diploma, namun saat ini masyarakat Kota Prabumulih dan sekitarnya sudah bisa kuliah Kebidanan Sarjana.

“Kita baru tahap sosialisasi, kemarin menyampaikan upaya kita kepada Wali Kota Prabumulih, dan Alhamdulillah responnya cukup baik. Karena harapannya nanti Stikes Rangga Husada bisa menjadi solusi dalam peningkatkan sumber daya manusia bidang pelayanan kesehatan di Kota Prabumulih,” jelas Direktur Akbid Rangga Husada, Desti Widya Astuti Rabu (29/6/2022).

Menurutnya, saat ini kondisi Rangga Husada memang dinilai layak untuk mengubah status, dengan sarana yang cukup memadai. Gedung bertingkat, sarana pendukung seperti luas parkiran, ruang praktik dan Simber daya Manusia (SDM) pengajar juga sudah cukup banyak yang jenjang pendidikan Pasca Sarjana.

Mereka berharap upaya ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, mulai dari masyarakat, Pemerintahan hingga pihak Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah Sumsel untuk diajukan ke Pusat, agar mendapatkan SK dari Kementrian Pendidikan Kebudayaan, RIset dan Tekhnologi. 

Sehingga jurusan baru, dapat segera terealisasi.

 “Saat ini kita masih dalam tahap pengajuan, jadi belum berani menerima mahasiswa. Semoga pengajuan kita segera di terima, jika progress sudah masuk 80 persen maka kita sudah boleh menerima mahasiswa baru untuk S1jurusan Kebidanan dan Profesi bidan,” harapnya.

Sementara pantauan Koran ini, sebagai upaya penunjang Peningkatan Status, Akbid Rangga Husada juga memiliki SMK Kesehatan yang lokasinya satu komplek dengan kampus AKbid. Tak heran jika para alumni SMK Kesehatan juga langsung memilih untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang sama.

Seperti ditambahkan oleh Kepsek Kesehatan Pelita Insani, Mufida Amelia MPd , sampai saat ini kisaran 50 persen alumni terjaring di Akbid Rangga husada. “Memang semuanya tergantung dengan orang tua dan siswa itu sendiri mau melanjutkan pendidikan kemana, setidaknya ada alternated didepan mata untuk melanjutkan sesuai dengan skill sebelumnya,” tambahnya. (05)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: