Siagakan Petugas, Bentuk Posko hingga Sosialisasi

Siagakan Petugas, Bentuk Posko hingga Sosialisasi

//Antisipasi Karhutla Musim Kemarau

Prabumulihpos.co.id — Sebentar lagi, perubahan musim terjadi dari musim hujan ke kemarau. Nah, biasanya banyak terjadi Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) pada musim kemarau itu. Karena, perlu diantisipasi dan dilakukan pencegahan. Sehingga, kejadian karhutla bisa diminimalisir.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Sriyono SH menjelaskan, mengantisipasi dan pencegahan terhadap karhutla pada musim kemarau. Akunya, BPBD sendiri telah menyiagakan petugas dalam rangka melakukan pemadaman.

“Iya, antisipasi dan pencegahan khususunya karhutla. Petugas unit PBK, siaga 24 jam. Ada laporan langsung bergerak, melakukan penangganan karhutla,” aku Yono, sapaan akrabnya, Rabu (29/6/2022).

Dijelaskannya, selain itu melakukan sosialisasi tentang karhutla bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Kades dan Camat memberikan imbauan agar tidak membuka lahan menggunakan pembakaran sengaja.

“Karena hal itu dilarang dan bisa terkena pidana, sebaiknya pembukaan lahan pertanian dilakukan secara manual,” tukasnya.

Soal hot spot, terangnya rutin berkordinasi Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG). Dan, jika ada jelas akan diinformasikan kepada pihak terkait. “Guna melakukan monitoring juga pemadaman api secara bersama-sama, karena karhutla di musim kemarau menjadi perhatian serius disebabkan berbahaya. Menyebabkan polusi asap hingga kabut, dan lainnya. Kalau sudah diantisipasi, harapannya kasus karhutla bisa dicegah dan diminimalisir,” bebernya. (03)

Sumber: