Monitor Penyebaran PMK Serang Hewan Kaki Empat

Monitor Penyebaran PMK Serang Hewan Kaki Empat

PRABUMULIH – Masalah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) khususnya menyerang hewan berkaki empat, terus menjadi sorotan semua pihak. Salah satunya Polres Prabumulih, telah membentuk Satgas Anti PMK.

 

Satgas dibawah naungan Kasat Binmas, AKP Agus Gunawan Setyahadi ini rutin menerjunkan para Bhabinkamtibmas guna melakukan pengecekan kesehatan terhadap hewan kaki empat memiliki warga.

 

“Agar jika ada kasus PMK, bisa cepat ditangani. Sejauh ini, memang belum ada laporan kasus PMK masuk ke Prabumulih,” ujar Kapolres Prabumulih, AKBP Siswandi SH SIk MH melalui Kasat Binmas, AKP Agus Gunawan Setyahadi kepada awak media belum lama ini.

 

Sambungnya, pengecekan hewan kaki empat ini secara rutin dilakukan sebagai langkah pencegahan dan juga antisipasi. Berkordinasi juga, pihak kelurahan dan kecamatan. “Sehingga, penyebaran PMK pada hewan kaki empat bisa diminimalkan. Karena, adanya kordinasi baik,” bebernya. 

 

Jika terjadi kasus, kata dia, jelas akan berkordinasi pihak terkait dalam rangka penanganannya. “Seperti pihak Dinas Pertanian (Distan), kelurahan, kecamatan dan lainnya. Agar tidak terjadi kasus di Kota Nanas ini alias tetap nihil,” pungkasnya.

 

Lanjutnya, penyebaran PMK ini tidak bisa dianggap enteng. Karena, bisa menyebabkan kematian pada hewan dan penularan. “Makanya, perlu diwaspadai khususnya para peternak sapi dan kambing harus menjaga kesehatan sapi dan kambingnya,” tandasnya. (03)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: