Sarankan SD Perjuangkan Adiwiyata

Sarankan SD Perjuangkan Adiwiyata

PRABUMULIH – Kota Prabumulih terbilang Kota kecil dengan perubahan yang cukup besar, dan setiap element pemerintahan dan satuan pendidikan cukup aktif dalam memajukan Kota Prabumulih.  

Termasuk juga dalam memperjuangkan Sekolah di Kota Prabumuli utuk merai predikat adiwiyata tingkat nasional.

Sebagai Kota Adipura, tentu kota Prabumulih juga banyak sekolah yang berwawasan lingkungan, hal itu tentu akan dikaitkan dengan status kota prabumulih sebagai Kota Adipura. 

Saat ini ada dua sekolah yang sedang berjuang menuju adiwiyata Nasional, setelah mendapatkan predikat adiwiyata provinsi tiga tahun lalu.

“Saat ini di Kota Prabumulih, ada dua sekolah yang sedang berjuang mempersiapkan diri, dan mempersiapkan penyambutan tim penilai dari Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (LHK), untuk melakukan penilaian sebagai peserta Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup, melalui Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Abu Bakrin, Selasa (19/7/2022).

Pria ini menyampaikan, hingga saat ini belum ada Sekolah Dasar (SD) di Kota Prabumulih yang dijadikan peserta lomba sekolah adiwiyata di semua tingkatan. Mulai dari tingkat Kota, Provinsi hingga ke Nasional. 

Namun pihaknya sudah mengajukan surat ke Bidang Pembinaan SD untuk mengirimkan peserta agar ikut lomba. “Saat ini tidak lagi akselerasi, muali dari Tingkat Kota langsung bisa ke Provinsi, namun harus ada komitmen dari satuan pendidikan yang membuktikan kepedulian dan sekolah yang berbudaya lingkungan,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Abu, ada regulasi baru yang mengatur tentang sekolah yang harus peduli dan berbuadya lingkungan yaitu Permen LHK No 52 dan 53 Tahun 2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah.

Dalam regulasi tersebut, Komitmen sekolah yang peduli dan berbudaya harus terdokumentasi dan tertib administrasi untuk mebuktikan keseriusan sekolah untuk menjadi sekolah adiwiyata. 

“Hal ini juga diharapkan menjadi alasan agar SD di Kota Prabumulih sejak dini membiasakan peduli dan berbudaya lingkungan. Membentuk kebiasaan sejak dini diharapkan dapat menjadi pola dan kebiasaan yang akan menjadi cirri khas suatu sekolah,” bebernya.

Lebih jauh dia mengatakan, di tahun depan ada SD yang akan direkomendasikan untuk diajukan sebagai sekolah adiwiyata. Dan perlu disurvey serta dilakkukan pembinaan dan pendampingan. “Ada dua sekolah yang sudah di rekomendasikan, yaitu SDN 17 dan SDN 73, insyaallah daklam waktu dekat ini kita akan survey ke sekolah tersebut,”tandasnya.(05)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: