Pastikan Para Guru Smanti Susun Perangkat Ajar

Pastikan Para Guru Smanti Susun Perangkat Ajar

PRABUMULIH - SMAN 3 Prabumulih gelar In house Training (IHT) mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), yang dilaksanakan di aula SMA Negeri 3 Prabumulih Rabu (20/7/2022). 

Kegiatan diikuti oleh semua guru kelas X, XI dan XII sebanyak 55 orang. Kepsek SMAN 3 Prabumulih, Freni Listyan SPd MSi saat dibincangi koran ini mengatakan bahwa, hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua Bapak dan ibu guru SMA 3, telah menyusun perangkat modul ajar, projek profil pelajar pancasila dan kelengkapannya, guna mendukung implementasi kurikulum merdeka.

Kegiatan direncanakan akan dilaksanakan hingga sabtu mendatang, dan mengupas tuntas mengenai kesiapan pada guru dalam menggunakan modul ajar untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.

"Khususnya bagi guru yang akan mengajar kelas X yang pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023, SMA Negeri 3 Prabumulih adalah salah satu sekolah yg menerapkan kurikulum merdeka mandiri berubah," bebernya.

Mengenai IKM, wanita ini menjelaskan bahwa Pemerintah hanya menetapkan tujuan akhir per fase (CP) dan waktu 

tempuhnya (fase). Satuan pendidikan memiliki keleluasaan untuk menentukan strategi dan cara atau jalur untuk mencapainya. 

"Dengan begitu, maka saruan pendidikan bisa menentukan strategi yang sesuai, kita perlu tau titik awal keberangkatan para peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran," jelasnya.

Tujuan pembelajaran terdeskripsi dalam pencapaian tiga aspek kompetensi yaitu

pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran disusun secara kronologis, berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju Capaian Pembelajaran (CP).

Dia juga menjelaskan bahwa Kriteria tujuan pembelajaran terdiri dari Kompetensi yaitu kemampuan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan/atau

keterampilan yang dapat didemonstrasikan oleh peserta didik yang menunjukkan peserta didik telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran. 

"Juga lingkup materi yaitu pengetahuan inti atau konsep utama yang perlu dipahami di akhir satu unit pembelajaran serta variasi, yaitu pendekatan yang berbeda sesuai karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus," tandasnya.(05)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: