Tingkatkan Kapasitas Guru IPA Melalui IHT

Tingkatkan Kapasitas Guru IPA Melalui IHT

Ketua MKKS, Kabid dan pengawasan SMP tunjukkan bahwa mereka sudah mendownload aplikasi PMM. Foto: ist--

PRABUMULIH - Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA Kota Prabumulih, juga mengadakan in House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka. 
 
Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas guru-guru IPA yang mengajae di  SMP Negeri dan Swasta di Kota Prabumulih, dalam memahami kurikulum merdeka.
 
Terutama dalam hal menganalisis capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, penyusunan alur tujuan pembelajaran, penyusunan modul ajar, serta penyusunan projek penguatan profil pelajar pancasila. 
 
"Kegiatan dilaksanakan di aula SMP negeri 3 Prabumulih, dengan tiga narasumber kompeten yang profesional, yaitu dari co captain belajar id kota Prabumulih, Linggawati SPd, MM, PTP Balai Guru Penggerak Sumatera Selatan, Ihsanudin, MPd, dan  Drs. Asrowi, M.Si," ujar Ketua MGMP IPA Prabumulih, Reny Diana MPd, Rabu (3/7/2022).
 
Menurut Reny, Kegiatan pada awalnya didanai secara mandiri oleh anggota MGMP IPA, namun dia merasa bersyukur karena mendapat dukungan dari MKKS Kota Prabumulih, yang terdiri dari kepala-kepala sekolah SMP di Kota Prabumulih.
 
"Alhamdulillah kita mendapatkan dukungan dari MKKS, insyaallah nanti Kegiatan seperti ini akan menjadi agenda rutin komunitas MGMP IPA Kota Prabumulih. Minimal akan dilaksanakan setiap bulan dalam bentuk forum group disscussion (FGD)," bebernya.
 
Dalam kesempatan ini, acara Di buka oleh Kabid Pembinaan SMP mewakili Kepala Dinas dan Sekretaris dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Prabumulih, Pedro Santoso AB SPd MSi dihadiri Pengawas SMP, Darmadi SPd Msi, Ketua MKKS Fickri SIP MM dan Kepsek SMPN 3, Pamuji Rahayu SPdI MSi yang juga merupakan pengurus MKKS SMP.
 
MGMP IPA juga merupakan satu-satunya MGMP mata pelajaran tingkat SMP di Kota prabumulih, yang saat ini sudah terdaftar di Platform Merdeka Mengajar (PMM), yang merupakan Aplikasi dari kemendikbudristek.
 
 "Melalui pertemuan ini, kita juga memperkenalkan PMM yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek, sehingga para guru bisa memanfaatkan plafrom ini untuk mencerdaskan anak bangsa," tandasnya.(05)

 

Sumber: