Karya Mulia Diajukan Sebagai Nominasi Proklim Lestari

Karya Mulia Diajukan Sebagai Nominasi Proklim Lestari

Desa karya mulia diajukan sebagai Desa penerima penghargaan Proklim Lestari. Foto; Doc PP--

PRABUMULIH - Desa Karya Mulya Kecamatan RKT, diajukan sebagai nominasi penerima penghargaan Poklim Lestari yaitu Tingkatan tertinggi Proklim. Karena Desa ini, dinilai telah memenuhi persyaratan untuk menerima proklim lestari. Diantaranya telah menerima penghargaan proklim utama minimal selama 2 tahun untuk tropy proklim utama atau 3 tahun untuk sertifikat proklim utama. 

"Desa karya Mulya menerima Tropy Proklim utama pada tahun 2015. Telah melakukan pengayaan kegiatan dan Pembinaan dan pendampingan kelembagaan masyarakat dan dukungan keberlanjutan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir Dwi Koryana pecan, kemarin.

Desa karya Mulia juga dinilai layak jadi Proklim Lestari karena telah melakukan pembinaan dan pendampingan minimal 10 lokasi proklim baru dan telah terdaftar sebagai kampung iklim di sistem registrasi nasional, desa ini juga telah mendapatkan penghargaan minimal tingkat provinsi terkait aksi adaptasi dan atau mitigasi perubahan iklim. Bahkan telah menyusun dokumen pengayaan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim periode lima tahun.

"Setelah proses pemeriksaan administrasi, maka Desa Karya Mulya dinobatkan menjadi kandidat penerima penghargaan Poklim Lestari. Satu-satu nya dari Sumsel bahkan satu-satunya dari pulau Sumatera," bebernya. 

Bahkan Desa di Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) Prabumulih ini, sudah dilakukan proses verifikasi oleh tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang terdiri dari 3 orang dari Dirjen Perubahan Iklim dan Tim Teknis Proklim, 2 orang dari balai Pengendalia Perubahan Iklim dan Karhutlah Wilayah Sumatera.

Verifikasi sudah dilakukan tanggal 1 sampai 3 Agustus 2022 kemaren,  berupa pemeriksaan kelengkapan data, 10 desa binaan dan pemeriksaan lapangan apakah sesuai dengan data yg disajikan. Verifikasi ini juga bertujuan untuk memastikan keberlanjutan desa proklim, karena jika nanti menerima penghargaan proklim lestari, maka kegiatan proklim di desa karya mulya harus terus berkembang dan berkelanjutan.

"Berdasarkan hasil verifikasi kemaren, pihak verifikator cukup puas setelah melihat kondisi dilapangan dan pertanyaan pertanyaan yang diajukan, mampu terjawab dengan kondisi real di lapangan, meski dengan beberapa kekurangan yang harus diperbaiki kita berharap Kota Prabumulih dapat meraih penghargaan Proklim Lestari," harapnya. (05)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: