53 Sekolah Bakal Gelar Pemilihan Ketua OSIS E-Voting Serentak

53 Sekolah Bakal Gelar Pemilihan Ketua OSIS E-Voting Serentak

Suasana rapat koordinasi KPU bersama Sekolah dalam upaya mempersiapkan pemilihan Ketua dan wakil ketua OSIS SMP SMA se Kota Prabumulih. Foto; Eka/ pp--

PRABUMULIH - Sebanyak 53 SMP dan SMA sederajat di Kota Prabumulih bakal melaksanakan pemilihan ketua OSIS dan wakil ketua OSIS secara elektronik voting (e-voting) serentak.
 
Hal ini dibahas dalam pertemuan yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Prabumulih, dalam rapat koordinasi pemilihan Ketua dan wakil ketua OSIS Serentak melalui e-voting,  tingkat SMP/Mts dan SMA /SMK/ MA se Kota Prabumulih, di pondok bambu Selasa (9/8/2022).
 
Kegiatan diikuti oleh perwakilan dari sebanyak 53 sekolah di Kota Prabumulih. Dalam pertemuan ini, pihak KPU dan sekolah, sepakat dijadwalkan 19 Oktober 2022 sekaligus menyemarakkan hari ulang tahun Kota Prabumulih.
 
Pentingnya pelaksanaan pemilihan ketua dan Wakil ketua OSIS ini, pihak KPU benar benar memberikan edukasi pada para siswa mengenai proses pemilihan umum itu seperti apa. Mulai dari proses jadwal pendaftaran nama pemilih, para kandidat calon yang akan dipilih, hingga tahapan kampanye.
 
Disekolah nanti, Saat pelaksanaan pemilihan,  juga ada panitia, ada Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang juga terdapat panitia pemilihan untuk mengarahkan.
 
"Saat pemilihan, mereka benar-benar akan mengikuti rangkaian tahapan pemilihan umum," ujar Ketua KPU Prabumulih, Marjuansyah SIP melalui Komisioner Divisi Partisipasi masyarakat, Sumber Daya Manusia dan sosialisasi pendidikan pemilih (parmas, SDM dan sosdiklih), H T Kosim Cikming SIP MSi.
 
Menurut mantan Ketua Yayasan Pendidikan Prabumulih ini, dalam melaksanakan kegiatan ini, KPU berperan memfasilitasi pihak sekolah untuk melaksanakan pemilihan serentak secara voting elektronik (e-voting) melalui aplikasi Prabumulih memilih, serta peminjaman bilik suara. "Nanti di bilik suara, pihak sekolah tinggal mempersiapkan laptop atau hp jika memang tidak ada laptop," jelasnya.
 
Lebih jauh pria ini menyampaikan, hingga saat ini baru ada sekolah yang melaksanakan pemilihan ketua OSIS secara online. Dari hal itu, diharapkan dapat mensukseskan kegiatan pemilihan serentak dengan sistem e-voting. "Sebenernya tujuan dari kegiatan adalah edukasi pemilihan umum pada siswa sejak dini ditingkat SMP, dan edukasi pada calon pemilih pemula di SMA sederajat," tandasnya.
 
Sementara kepala SMPN 2 Prabumulih Mardiana SPd MSi, menuturkan SMP 2 sudah melaksanakan pemilihan OSIS secara elektronik tahun 2021 lalu, dan dari hasil evaluasi terbilang efektif. "Selain hemat biaya juga hemat waktu dan tempat. karena tidak banyak memakan waktu,  hasil juga cepat ditentukan maka hal ini merupakan langkah yang tepat di era digitalisasi seperti sekarang ini," tambahnya.(05)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: