SDN 84 Prabumulih Tingkatkan Kompetensi Guru Secara Mandiri

SDN 84 Prabumulih Tingkatkan Kompetensi Guru Secara Mandiri

Suasana pelaksanaan pelatihan yang dilaksanakan secara mandiri di SDN 84 Prabumulih. Foto; ist--

Prabumulihpos.co.id - SD Negeri 84 Prabumulih, gelar Pelatihan peningkatan kompetensi guru melalui pemahaman Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan Platform Merdeka Mengajar (PMM), serta persiapan Asesmen Nasional Berbasis Kopetensi (ANBK) secara mandiri.

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung SDN 84 Prabumulih, Selasa (16/8/2022) kemarin, diikuti oleh para peserta dari seluruh guru dan tenaga kependidikan (tendik) SDN 84 Prabumulih.

Salam kesempatan ini, beberapa materi yang disampaikan antara lain, Kebijakan Pemerintah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, materi persiapan ANBK Sekolah Dasar, Pengelolaan Admintrasi kelas dan Asesmen, hingga Pelatihan IT Komputer jelang ANBK.

Pemateri berasal dari Disdikbud Kota Prabumulih, Ketua KKKS SD Kec Prabumulih Barat, Guru Penggerak dan Guru Pengajar IT Komputer. "Karena banyak materi yang akan akan diikuti oleh paea guru, maka Kegiatan  berlangsung selama 3 hari mulai selasa (16/8/2022) sampai Jumat (19/8/2022)," ujar Kepala SDN 84 Prabumulih, Rohandoyo SPd.

Pria ini juga mengatakan kegiatan ini, dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru. karena tantangan guru di zaman modern saat ini, siswa sudah disuguhi kemajuan teknologi. Sehingga guru dituntut untuk dapat berkompeten, kreatif dan berinovasi agar berkualitas.

"Roda zaman akan terus berputar dan berkembang, maka para guru diperlukan untuk melek teknologi. Agar  mempermudah guru dalam mengikuti proses pembelajaran, karna guru yang berkompeten akan meningkatkan mutu pendidikan Sekolah," bebernya.

Pelaksanaan pelatihan ini, di buka secara Resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, melalui Kabid Pembinaan SD, Kurnia Pratama, SPd MSi, dihadiri Kasi Kurikulum dan pembinaan SD, Anita Yulia, SKM, Kasi Sapras SD, Baidillah Antoni, Edi Sumartono dan Haris SPd  dan juga ketua K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) Prabumulih Barat, Mulyo SPd.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh SDN 84 secara mandiri, sangat mendukung, dan mengapresiasi kegiatan peningkatan mutu guru. Diantaranya seperti diungkapkan Ketua K3S Kecamatan Prabumulih Barat, Mulyo SPd. 

Menurutnya, pelatihan yang dilaksanakan secara mandiri mengenai IKM di SDN 84 ini, merupakan yang perdana dilaksanakan secara mandiri. Kita tentu sangat mengapresiasi,  dan semoga kegiatan ini akan menjadi motivasi SD lainnya, utamanya SD di Kec Prabumulih barat.

"Bahkan kami SDN 76, kedepannya akan mengadakan kegiatan seperti ini dengan mengundang pihak Disdikbud untuk meningkatkan kompetensi guru di SDN 76," Tegasnya.

Diketahui kegiatan, diikuti dengan antusias oleh para peserta. Hal ini terlihat dari banyak peserta bertanya disesi tanya jawab pada materi ANBK dan IKM. (05)

 

Sumber: