Realisasikan Kurikulum Merdeka Menuju P5 di KPU

Realisasikan Kurikulum Merdeka Menuju P5 di KPU

Suasna para siswa belajar di rumah pintar pemilu KPU. Foto; ist--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Puluhan siswa SMA 6 Prabumulih, lakukan kunjungan studi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Prabumulih untuk belajar Demokrasi,  Senin (29/8/2022).
 
Kunjungan dilakukan dalam rangka merealisasikan cara belajar dengan kurikulum merdeka untuk mencapai Profil pelajar Pancasila.
 
Dalam kesempatan ini sekretaris KPU Kota Prabumulih, Yasrin Abidin SSos mengatakan bahwa Para siswa diberikan materi mengenai sejarah Demokrasi dan Pendidikan berdemokrasi, yang dijelaskan secara detail oleh Divisi Parmas,SDM dan sosdiklih atau partisipasi masyarakat SDM dan sosialisasi pendidikan pemilih.
 
"Kita juga memberikan informasi mengenai syarat menjadi pemilih dan juga Pentingnya peran Generasi muda dalam membangun Bangsa dan Negara, yang ikut berperan penting dalam menentukan kemajuan Bangsa dan Negara," jelas Yasrin.
 
Dalam kesempatan ini, juga dijelaskan mengenai pelaksanaan Pemilihan OSIS Serentak, menggunakan Aplikasi Prabumulih Pemilih yang dikelola oleh KPU Kota Prabumulih. "Kita juga meminta peran serta pihak SMAN 6 Prabumulih untuk mensukseskan pemilihan ketua OSIS serentak yang dijadwalkan pada bulan Oktober mendatang," tandasnya.
 
Sementara Kepala SMA Negeri 6 Prabumulih, Abdul Hadi SPd MSi melalui Wakil Kepsek Santi Sulistiawati MPd mengatakan bahwa Kunjungan siswanya ke rumah pintar pemilu di KPU adalah dalam rangka kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila. 
 
Kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kurikuler dalam kurikulum merdeka, dimana setiap kegiatan projek mengusung tema yang berbeda. 
 
"Dalam projek kali ini kami mengusung tema Suara Demokrasi. Dalam kunjungan tadi ada 24 siswa yang kami utus perwakilan dari setiap kelas. Tujuannya untuk mengenalkan siswa pada salah satu proses demokrasi yaitu pemilu dan pilkada langsung pada sumbernya (KPU)," jelasnya. 
 
Setelah mendapatkan penjelasan mengenai suara demokrasi, para siswa dengan antusias menerima penjelasan dari komisioner KPU, dia berharap agar para siswa dapat benar benar memahami ilmu yang sudah didapatkan.
 
"Harapan kami, siswa dapat memahami proses demokrasi yang ada di negara kita dan dapat berperan dalam kegiatan demokrasi tersebut. Terutama dalam menggunakan hak pilih mereka nanti saat mereka sudah boleh memilih,"tandasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: