Nakes Harus Mendapatkan Vaksin Booster 2

Nakes Harus Mendapatkan Vaksin Booster 2

Dokumentasi para nakes saling suntik saat suntikan booster 1 beberapa waktu lalu. Foto: dokumen--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Pemerintah Indonesia mulai memberikan booster kedua vaksin COVID-19 bagi tenaga kesehatan (nakes). Hal ini menjadi prioritas karena tenaga kesehatan dinilai paling rentan dan menjadi garda terdepan berhadapan langsung dengan para pasien. 
 
Peraturan ini telah resmi dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan pada surat edaran Nomor HK.02.02/C/ 3615 /2022 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan. Surat edaran Kementerian Kesehatan Indonesia, diberitakan bahwa pada 29 Juli 2022 lalu, vaksin booster kedua atau dosis keempat COVID-19 sudah bisa diberikan pada tenaga kesehatan di Indonesia.
 
Namun di Kota Prabumulih, khsusnya nakes di Puskesmas Kecamatan Cambai Kota Prabumulih, belum ada yang mendapatkan vaksin boster 2 karena saat ini vaksin masih kosong. Hal ini seperti disampaikan Kepala Puskesman Cambai, Desi Apriani SKM , melalui penanggung jawab Imunisasi, Windha Efitri Amkep.
 
“Sebenarnya sudah boleh dari kemarin, tapi karna nakes itu harus pakai vaksin moderna dan kebenaran saat ini sedang kosong, jadi belum ada nakes yang suntik vaksin booster 2,” jelasnya.
 
Menurutnya, saat pelaksanaan suntikan vaksin, banyak kisah yang di alami oleh para nakes di Kota prabumulih. Sebagai nakes yang sering memberikan pelayanan pada masyarakat, namun saat penyunytikan vaksin, mereka kadang saling suntik dan penuh drama.
 
“Karna kita selama ini menyuntik, namun kita harus di suntik ya mau tidak mau kita saling suntik antar nakes. Ada lucu ada gembira, bahkan histeris menjerit penuh drama, dan semua ekpresi karna saling melayani sesama kita ,” tuturnya menceriakan kisahnya.
 
Lanjutnya, pemberian vaksin booster kedua, diharapkan bisa melindungi tenaga kesehatan, yang bekerja sebagai garda terdepan penanggulangan COVID-19. Dengan begitu, tenaga kesehatan mampu melayani masyarakat dengan sehat.
 
Selain itu, manfaat vaksin booster selain menjalankan protokol kesehatan, juga merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah perburukan kesehatan akibat COVID-19 dan meningkatan imunitas tubuh agar selalu fit dalam memberikan pelayanan kesehatan. 
 
“Manfaat lain yang bisa dirasakan yaitu Menurunkan risiko komplikasi akibat COVID-19, mengurangi risiko kematian dan meningkatkan antibodi untuk melawan virus corona,” tandasnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: