Sosialisasikan PBD Demi Pendidikan yang Berkualitas

Sosialisasikan PBD Demi Pendidikan yang Berkualitas

Suasana pelaksanaan sosialisasi PBD di SDN 17 Prabumulih. Foto; Eka/ pp--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Sebanyak 13 Sekolah binaan pengawas sekolah, Parila SPd, melakukan  Implementasi dan sosialisasi Perencanaan Berbasis Data (PDB). Kegiatan dilaksanakan di SDN 17 Prabumulih, Rabu (31/8/2022).
 
Dalam pelaksanaan sosialisasi, Parila menjelaskan bahwa Alur materi perencanaan berbasis data di bidang pendidikan , dimulai dari realisasi kurikulum merdeka belajar dan perencanaan berbasis data, dengan tujuan untuk memahami kebijakan Merdeka Belajar dan memahami konsep  Perencanaan Berbasis Data sebagai bagian dari Merdeka Belajar.
 
Juga mengenai Profil dan platform raport pendidikan dengan tujuan untuk Memahami definisi, kerangka dan struktur Profil Pendidikan, serta Memahami indikator dalam Profil Pendidikan agar para guru dan kepala sekolah mampu mengakses dan menggunakan platform Rapor Pendidikan.
 
"Perencanaan Berbasis Data di Satuan Pendidikan itu, tujuannya adalah untuk Mengidentifikasi masalah dan akar masalah, berdasarkan Profil Pendidikan. Dengan pengisian raport mutu sekolah, maka dapat menetapkan solusi penyelesaian akar masalah, dan memasukkan solusi dalam dokumen perencanaan dan anggaran," jelasnya.
 
Setelah semuanya di lakukan, seperti pengiriman raport mutu sekolah, yang kemudian dapat melihat indikator indikator penilaian mutu sekolah, Lalu yang terakhir adalah monitor dan evaluasi untuk melihat realisasi pelaksanaan kegiatan.
 
Koordinator pengawas SD di lingkungan Dinas Pendidikan ini menjelang bahwa, Kemdikbudristek telah menetapkan Visi Pendidikan Indonesia sebagai panduan dalam merumuskan kerja pendidikan,
 
Yaitu mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, dan berkebinekaan global.
 
"Untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia, dikeluarkan kebijakan merdeka Belajar agar tercapainya pendidikan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia, Melalui pendidikan berkualitas. kita harus memastikan peserta didik mengalami kemajuan belajar sehingga lebih kompeten dan berkarakter," tandasnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: