Konsumsi Ikan di Prabumulih Masih Rendah

Konsumsi Ikan di Prabumulih Masih Rendah

IKAN PINDANG: Ketua TP PKK Kota Prabumulih, Ir Hj Suryanti Ngesti Ridho mencicipi pindang para peserta lomba, kemarin (15/9). Photo: Its--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID – Tingkat konsumsi ikan di kota Prabumulih masih di bawah angka nasional. Hal itu diungkap Ketua PKK Prabumulih, Ir Suryanti Ngesti Rahayu Ridho disela-sela lomba masak ikan Pindang di sentra Kuliner, kemarin (15/9/2022).

"Makanya kita akan meningkatkan konsumsi makan ikan karena kita masih dibawah standar Nasional dan juga mengajak Ibu-Ibu hobi memakan masakan berbahan dasar ikan," ajak istri orang nomor satu di kota Nanas ini.

Lomba masak pindang ikan dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Wali Kota Prabumulih Mulyadi Karoman SPd MSi. Dalam kesempatan itu mantan kepala Dinas Perpustakaan ini mengatakan, kegiatan lomba masak pindang bertujuan untuk menggalakkan makan ikan yang baru 28kg/kapita dengan standar Nasional 44 kg/kapita. "Konsumsi ikan ini sangat bagus karena gizi yang terkandung dalam ikan memang sangat banyak sekali," sebutnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Prabumulih mengatakan, masakan peserta lomba masak pindang berbeda-beda namun rasanya enak semua. "Dari segi rasa, pindang kita lebih banyak nanas nya dan juga kita terkenal dengan kota nanas," lanjutnya.

Dengan adanya lomba tersebut, pihaknya berharapan Ibu-Ibu lebih suka menyiapkan makanan berbahan dasar ikan minimal untuk sajian makanan keluarga di rumah.

Kepala Dinas Perikanan Kota Prabumulih, Titing SP menambahkan, angka konsumsi ikan di Prabumulih masih minim. Untuk itu diadakan lomba masak pindang menggunakan ikan komoditi lokal diutamakan ikan patin dan gabus.

Lomba masak pindang ini sendiri diikuti 12 peserta dari 6 kecamatan. "Diadakan lomba juga berharap agar ikan yang dibina Dinas Perikanan menambah kreatif dan inovatif juga meningkatkan angka konsumsi ikan di Prabumulih," tukasnya. (*)

 

Sumber: