Dosen Unpra PKM ke Air Talas

Dosen Unpra PKM ke Air Talas

Pose bersama para dosen dan Mataram usai melaksanakan Workshop. Foto; ist--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Sejumlah dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Prabumulih (Unpra), melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ke Desa Air Talas atau yang lebih dikenal dengan Desa Transbali pada Rabu (22/9/2022)

Dosen-dosen yang terlibat antara lain: Siska Alfiati, SP MSi, Emi Sukmawati, SE MSi, Iwan Setiawan, SKom MKom, Yudi Tusri, SE MSi, Rona Anggrainie, SP MSi, Meirani Betriana, SE MSi, dan Chairani Adelina SE MSi.

ketua pelaksana PKM Siska Alfiati SP MSi, saat dibincangi koran ini mengatakan bahwa, Kegiatan PKM ini merupakan salah satu dari 3 tugas pokok dosen yang disebut Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu, Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. 

"Dengan pelaksanaan PKM oleh para Dosen, diharapkan Perguruan Tinggi dapat memberikan sumbangsih terhadap masyarakat, antara lain dalam bentuk ilmu, pemikiran, keterampilan, maupun fasilitas” ujar Siska.

PKM kali ini mengambil tema, Pengembangan Desa Air Talas sebagai Desa Agrowisata Berbasis Jeruk melalui Pengelolaan Digital Marketing. Tema ini diangkat karena para dosen Tim PKM, melihat potensi yang besar dari desa ini yang perlu dikembangkan lebih baik lagi kedepannya.

Pelaksana PKM berupa e ini, dihadiri oleh beberapa unsur masyarakat antara lain, pemerintah desa, petani, Kelompok Wanita Tani (KWT), Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan unsur pemuda.

“Selain workshop-workshop, berikutnya kami akan mambantu desa melakukan promosi-promosi dan membuat beberapa fasilitas pendukung lainnya, yang diharapkan dapat mengembangkan Desa Air Talas sebagai desa agrowisata jeruk” jelas Siska Alfiati SP MSi.

Kehadiran para Dosen Unpra ini, sangat disambut baik oleh Pemerintah Desa Air Talas. Bahkan mereka berharap, agar nanti dapat meningkatkan jumlah kunjungan masyarakat. Yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisata petik jeruk, meningkatkan kualitas produk olahan jeruk dan pemasarannya. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat desa kami” ujar Kepala Desa Air Talas, I Gede Arsana.

Beberapa materi yang diberikan antara lain, bagaimana meningkatkan manajemen pengelolaan agrowisata dan pemasarannya, yang disampaikan oleh Yudi Tusri SE MSi, Materi kedua adalah bagaimana meningkatkan pemasaran melalui digital marketing. 

“Sesuai dengan perkembangan zaman, pemasaran secara digital merupakan hal yang tidak dapat dihindari sekarang ini. Karena hampir semua orang bermain sosmed dan menggunakan internet. Pemasaran secara digital dapat dilakukan melalui sosmed, marketplace, dan lainnya,” ungkap Iwan Setiawan, SKom MKom.

Materi ketiga disampaikan oleh Dosen FEB Rona Anggrainie SP MSi, yang juga merupakan praktisi bisnis sayur dan buah online Prabufresh. Beliau berbagi ilmu tentang packaging, pengolahan produk olahan jeruk, sampai ke bagaimana menjaring mitra agar meningkatkan pemasaran produk secara kontinue.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: