Perubahan Karekteristik Pemilih Muda, CSIS: Lebih Suka Sosok Antikorupsi daripada Merakyat

 Perubahan Karekteristik Pemilih Muda, CSIS: Lebih Suka Sosok  Antikorupsi daripada Merakyat

--

SUMEKS.CO, Ini Hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) , ternyata menemukan adanya perubahan karakteristik pemilih muda (17-39 tahun) pada Pemilu 2024 mendatang.

Menurut Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes  pemilih muda kini lebih suka pemimpin yang jujur dan antikorupsi

Karakteristik tersebut berbeda dengan sikap pemilih muda pada dua pemilu terakhir yang lebih suka pemimpin merakyat dan sederhana.

"Kalau di dua pemilu sebelumnya, pemilih itu suka karakter pemimpin yang merakyat dan sederhana. Ketika itu yang suka jujur dan antikorupsi hanya di atas angka 10 persen," kata Arya dalam acara CNNIndonesia Newsroom, Selasa  27 September 2022.

Tapi saat survei ini dilakukan terjadi perubahan yang drastis. Sebagian besar dari pemilih muda lebih suka pemimpin yang kredibel, berintegritas, yang kita sebut dengan pemimpin yang jujur dan antikorupsi.

Berdasarkan rilis survei terbaru CSIS, jujur dan tidak korupsi menempati posisi teratas dengan angka 34,8 persen dalam kategori karakteristik pemimpin yang paling dibutuhkan pada 2024 mendatang.

BACA JUGA:Warning Ojek Lengkapi Surat-surat Kendaraan

Adapun karakter merakyat dan sederhana berada di peringkat kedua dengan 15,9 persen. Ketegasan atau wibawa menyusul di bawahnya dengan catatan 12,4 persen, diikuti kinerja saat memimpin, pengalaman memimpin, hingga kecakapan memimpin.

Sementara itu, survei CSIS mencatat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendominasi sejumlah simulasi elektabilitas calon presiden (capres), namun kalah dalam head to head melawan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

BACA JUGA:Marching Band SMPN 3 Prabumulih Rutin Latihan

Dari tiga simulasi yang menyajikan 14, 7, dan tiga nama, Ganjar selalu menempati posisi teratas mengungguli dua nama potensial lain seperti Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Namun, hasil berbeda didapat dalam simulasi duel head to head. Anies Baswedan menjadi sosok yang selalu unggul ketika head to head elektabilitas dengan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

(frl/DAL/cnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: