Kota Prabumulih Bakal Pecahkan Rekor MURI

Kota Prabumulih Bakal Pecahkan Rekor MURI

REKOR MURI : Pelayanan terus diberikan pada masyarakat, jelang pelaksanaan kegiatan untuk memecahkan rekor MURI. Sumber: Diskominfo Prabumulih--

PRABUMULIH, PRABUMULIPOS.CO.ID - Dalam rangka Menyemarakan HUT Kota Prabumulih ke 21, Pemkot Prabumulih kembali melakukan pemecahan rekor MURI. Setelah beberapa waktu lalu, berhasil memecahkan rekor MURI mewisuda ribuan siswa TKA/TPA.

Pemecahan rekor MURI kali ini, dilakukan Pemkot Prabumulih melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), yaitu melaksanakan Baksos pelayanan kesehatan serentak berupa 33 layanan di 13 lokasi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Prabumulih, dr Hj Hesti Widyaningsih MM. Ia menjelaskan, layanan kesehatan yang diberikan, berupa pemeriksaan pap smears, pemeriksaan IVA, pemasangan IUD. 

"Lalu ada juga pemasangan implan, pelaksanaan vasektomi, pelaksanaan tubektomi, operasi katarak, operasi bibir sumbing, injeksi intra artikular, berbagai seminar digelar, dan lainnya,” kata dr Hesti. 

Kegiatan akan diselenggarakan pada Sabtu, 15 Oktober mendatang. 13 lokasi tersebut antara lain; Gedung Kesenian Rumdin Wako, Pendopoan Rumdin Wako, RSUD, RS Pertamina, RS AR Bunda, SDN 1, Pesantren Darussalam, SMAN 2, Posyandu Bangau, Posyandu Al Ikhwan, Puskesmas Karang Raja, Puskesmas Timur, dan Kelurahan Pasar II.

Guna memecahkan rekor MURI itu, Dinkes mengandeng FK UNSRI. Nantinya dokter-dokter konsultan akan turun ke Prabumulih guna memberikan pelayanan kesehatan tersebut.

Senada juga disampaikan Kadiskominfo Prabumulih, Drs.Mulyadi Musa, MSi mengatakan  saat pelaksanaan HUT Kota ke 21 ini, ada pemecahan rekor MURI berupa Baksos secara serentak dan layanan terbanyak.

“OPD terkait yaitu Dinkes Prabumulih, sekarang ini tengah mempersiapkan matang kegiatan pemecahan rekor MURI tersebut,” katanya.

Ia berharap, rekor MURI itu bisa terpecahkan dan jelas bisa menambahkan kebanggaan dan prestasi bagi Kota Nanas ini. “Semoga kegiatannya berjalan lancar dan rekor MURI dapat terpecahkan,” harapnya.

Sementara itu sejumlah pihak yang akan terlibat dalam kegiatan baksos seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Perawat  Indonesia (PPNI), serta Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) siap berpartisipasi.

"Untuk IBI melakukan pelayanan KB Implant, dan kami akan melibatkan bidan-bidan yang ada di 14 ranting di Kota Prabumulih," kata Ketua IBI Cabang Kota Prabumulih Ar Suri Mufiarti.

Ketua PDGI Kota Prabumulih dr Marisqa menyampaikan PDGI sudah berkoordinasi dengan dinas kesehatan. "PDGI sudah bentuk Pantia dan tim dokter gigi. Jumlah dokter gigi insyallah seluruh anggota PDGI Prabumulih ikut partisipasi dalam baksos, kurang lebih 20-25 dokter gigi," jelas dr Marisqa.

Sementara itu kegiatan berbeda, akan dilakukan oleh PPNI Kota Prabumulih. Dalam kegiatan baksos pemecahan rekor Muri PPNI akan mengadakan seminar ilmiah bagi tenaga kesehatan dan umum. "Bertujuan untuk meningkatkan  pendidikan dan pengetahuan kesehatan khususnya bagi tenaga kesehatan dan umumnya masyarakat kota Prabumulih," pungkasnya.(*/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: