30 Calon Guru Penggerak Ikuti Lokakarya 2

30 Calon Guru Penggerak Ikuti Lokakarya 2

Suasana Lokakarya 2 Pendidikan Guru penggerak angkatan 5. Foto; ist--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Pendidikan guru penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Dalam pendidikan guru penggerak, untuk dapat mengikuti pendidikan guru penggerak harus melalui proses seleksi ketat.
 
Tahapan yang dilalui antara lain, tahap penulisan essay, kemudian diikuti dengan simulasi mengajar dan wawancara yang semua prosesnya dilakukan secara online melalui SIM PKB guru. 
 
Prabumulih baru ditunjuk sebagai daerah sasaran pelaksana Pendidikan guru penggerak mulai sejak Angkatan 5. Pertama kali di buka secara serentak pada bulan Mei 2022.
 
 "Setelah berjalan selama 1 bulan, pelaksanaan pendidikan guru penggerak Angkatan 5 ditunda selama 2 bulan dikarenakan ada peralihan pelaksana program, dari sebelumnya dilaksanakan oleh P4TK Matematika, Balai Besar Guru Penggerak Yogyakarta dilimpahkan kepada Balai guru Penggerak," ujar Linggawati SPd MM, Co Captein Belajar.id Kota Prabumulih
 
Lalu, Program pendidikan guru penggerak dilaksanakan selama 6 bulan meliputi pelatihan daring di mana Calon guru penggerak, belajar bersama seorang fasilitator dan instruktur, kemudian lokakarya dan pendampingan secara luring yang didampingi oleh pengajar praktik.
 
"Sabtu, 8 Oktober 2022 kemarin dilaksanakan kegiatan lokakarya 2 Pendidikan guru penggerak angkatan 5, yang dilaksanakan oleh 30 Calon guru penggerak yang berasal dari jenjang SD, SMP, SMA/SMK dan SLB dengan narasumber dari Pengajar Praktik Angkatan 5 Kota Prabumulih," bebernya.
 
Beberapa Nara sumber yang mengisi Lokakarya 2, yaitu Ahmad Koryani, SPd MT, Linggawati SPd MM, Hernasyahnova, SPd, Rusdalina, SPd, Santi Sulistiawati, M.Pd dan Debi Aryani, SPd. Tempat pelaksanaan kegiatan lokakarya 2, dilaksanakan di SMP Negeri 3 Prabumulih.
 
"Kegiatan pada lokakarya 2 ini, terdiri dari berdiskusi, berkolaborasi dalam kelompok, presentasi Aksi nyata yang telah dilakukan di sekolah, serta praktik dalam melaksanakan segitiga restitusi dan keyakinan kelas," tutur Lingga.
 
Dalam pelaksanaan kegiatan ini sangat terasa suasana belajar yang menyenangkan dan saling berbagi serta saling dukung antar sesame CGP. Kegiatan juga dihadiri Penanggung Jawab Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 Kota Prabumulih, Kurnia Pratama SPd MSi serta Penanggung Jawab PGP Angkatan 5 dari BGP Sumsel, Bastudin, MPd, serta panitia daerah lokakarya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: