Cakades Harus Belajar Ikhlas, Warning Panitia Tak Curang

Cakades Harus Belajar Ikhlas, Warning Panitia Tak Curang

Caption: Ridho Yahya MM--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Wali Kota Ir H Ridho Yahya MM, mengingatkan calon kepala desa (Cakades) yang mengikuti Pemilihanan Kepala Desa (Pilkades) untuk siap menang dan siap kalah. 
 
"Yang penting siap menang, siap kalah. Jangan kalah seperti di Prabumulih gara-gara tidak jadi kepala sekolah nyalahkan wong main duit. Padahal memang tidak terpilih," kata Ridho memberikan contoh.
 
Dikatakan Ridho, dalam pesta demokrasi akan ada yang kalah dan ada yang menang. Sehingga harus belajar ikhlas menerima kekalahan, sebab bisa jadi ada hikmah dibalik kekalahan tersebut. "Yang terpilih juga jangan merasa hebat. Tugas lebih berat lagi melayani masyarakat, bukan mudah nanti jangan terpilih masyarakat ditinggalkan tidak dilayani," pesannya.
 
Wali Kota yang telah banyak meraih rekor muri untuk Kota Prabumulih ini, menuturkan sudah banyak contoh kades terpilih justru bermasalah dengan hukum. "Banyak kan, kades yang terpilih ujung-ujungnya terjerat hukum. Berarti kan (menang) tidak mengenakan malah menyakitkan," tuturnya mengingatkan tak boleh curang.
 
Selain calon kepala desa, suami Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini juga mengingatkan atau mewarning kepada panitia Pilkades untuk tidak curang. "Khususnya panitia jangan coba-cobalah panitia curang. tidak boleh lah tidak aman juga menjabat Tidak tenang juga kalau dilakukan, dengan cara-cara yang kurang baik dengan panitianya berlaku curang," tukasnya.
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) A Fauzan A SSTP mengungkap, untuk saat ini Pilkades masih tahap pencetakan surat suara. "Pencetak surat suara sampai tanggal 18," ucapnya menambahkan surat suara yang dicetak dilebihkan 2,5 persen dari total DPT (Daftar) Pemilih Tetap)
 
Seperti diketahui, 2022 ini Kota Prabumulih mengadakan Pilkades serentak di dua desa. Yakni Desa Talang Batu dan Desa Rambang Senuling. Di desa Talang Batu Pilkades diprediksi akan seru, hal itu dikarenakan banyak calon yakni 5 calon. Selain itu terdapat calon lama yang kembali maju dengan incumbent.
 
Dari hasil penetapan DPT, untuk Desa Talang Batu berjumlah 890 DPT, sementara di Desa Rambang Senuling DPT berjumlah 450 mata pilih.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: