Dua Kades Incumbent Menang

Dua Kades Incumbent Menang

PILKADES : Pelaksanaan perkiraan suara setelah pencoblosan Pilkades di Desa Talang Batu Kecamatan RKT, Rabu (26/10/2022). foto: ist--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di dua desa, yakni Desa Talang Batu dan Rambang Senuling Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) telah dilaksanakan, Rabu (26/10/2022).
 
Hasilnya, dua incumbent atau petahana menang setelah dilakukan perhitungan surat suara. Di Desa Talang Batu dari total 890 suara atau Daftar Pemilih Tetap (DPT) incumbent Sahril Kanedi unggul dengan mendapat 314 suara, disusul Deplan Rabilsa dengan total 216 suara atau selisih 98 suara. Kemudian Muhammad Pardi 119 suara, disusul Viktor Ibrahim 90 suara dan Endi Zabiran 83 suara. Dari total 890 suara, yang tidak memilih 64 orang, suara tidak sah ada 4.
 
 
Sementara di Desa Rambang Senuling, incumbent atau petahana atas nama Rusman kembali dipercaya masyarakat untuk memimpin desanya kedepan. Rusman yang "berival" dengan keponakannya itu menang telak dengan perolehan 288 suara dari total 450 suara.
 
Sedangkan keponakannya bernama Nicki Agustin hanya mengumpulkan 49 suara. Namun berbeda dengan Desa Talang Batu, di Pilkades Rambang Senuling banyak ditemukan suara tidak sah yakni sebanyak 71 suara dan tidak memilih 42 suara.
 
"Alhamdulillah pelaksanaan berjalan lancar, dari awal sampai pelaksanaan tidak ada kendala," kata Camat RKT Satria Karsa SE.
 
Satria membenarkan dari hasil perhitungan suara, dua incumbent atau petahana masih unggul dari calon lainnya. "Incumbent dari dua desa memang dengan memperoleh suara terbanyak," tuturnya.
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD A Fauzan SSTp menuturkan, pelaksanaan Pilkades berjalan lancar. "Setelah ini (pencoblosan, red) tahapannyo laporan pelaksanaan Pilkades dari panitia ke BPD," kata Fauzan.
 
Disinggung mengenai partisipasi pemilih, Fauzan menuturkan untuk Desa Talang Batu partisipasi pemilih cukup tinggi. "Cukup tinggi sekitar 93 persen. Sementara di Rambang Senuling pemilih 91,4 persen. Jadi memang cukup tinggi," imbuhnya.
 
Wakil Ketua DPRD Kota Prabumulih H Ahmad Palo SE berpesan kepada semua calon untuk menerima siapapun calon yang terpilih. Sementara kepada calon terpilih, untuk merangkul semua masyarakat dan tidak tebang pilih."Tentu kita harapan siapapun terpilih amanah, amanah itukan tidak hanya memikirkan pendukungangnya tapi semua warga desa, walaupun tidak memilih. Tidak tebang pilih dalam menyalurkan bantuan," tukasnya.
 
Pantauan koran ini, pemerintah kota melalui assiten 1 bersama pihak kejaksaan negeri dan Polres Prabumulih meninjau langsung pelaksanaan pilkades. Bahkan selama pelaksanaan berlangsung, polres menerjunkan ratusan personel.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: