Ini Kunci Agar Tercapainya Tujuan Pembelajaran

Ini Kunci Agar Tercapainya Tujuan Pembelajaran

Salah satu cara membuat siswa bahagia, melibatkan siswa secara langsung tentang kegiatan apapun, seperti di SDN 55 Para siswa berbahagia mengucapkan selamat Ulang tahun pada Kepala Sekolahnya. Foto; Ist --

PRABUMULIHPOS.CO.ID- Para guru di semua satuan pendidikan, tentunya sudah mengetahui bahwa hal yang terpenting dalam proses pendidikan adalah tercapainya tujuan pembelajaran.

Nah untuk mencapai tujuan tersebut koordinator pengawas di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih, H Amin Jaya SPd MSi, membagi tips dan kunci bagaimana caranya agar tercapainya tujuan pembelajaran tersebut.

"Initnya adalah bahagiakan siswamu, dan jadilah guru yang profesional yang bisa memecahkan suasana. Memahami semua karakter siswa didalam kelas," jelasnya.

BACA JUGA:SMPN 1 Berpartisipasi Dalam Memecahkan Rekor Muri Aksi Bergizi Kota Prabumulih

Karena guru yang bisa memecahkan suasana, membuat siswa bahagia dan senang, menurut mantan Kepala SMP N 4 Prabumulih ini, akan memberikan efek mempengaruhi siswa agar senang, sehingga berpengruh pada kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan pola belajar didalam kelas. 

"Kebahagiaan siswa adalah kunci utama tercapainya tujuan pembelajaran. Dan tugas guru yang profesional adalah harus bisa membuat senang membuat bahagia siswanya," jelasnya saat dibincangi di ruang kerja nya, Selasa, 1 November 2022.

Apalagi saat ini, dalam proses pembelajaran, tidak lagi dituntut mengenai pencapaian kurikulum, yang ada itu capaian pembelajaran yang dipengaruhi oleh tujuan pembelajaran. "Nah tujuan pembelajaran itu dibuat oleh guru kelas untuk siswa di jenjang SD, dan dibuat oleh guru mata pelajaran di jejang Sekolah menengah," kata Wakil Ketua Yayasan Pembina Lembaga Pensi PGRI Kota Prabumulih ini.

Saat ini, lanjutnya, semua proses pembelajaran berpusat pada siswa atau nerdiferensiasi. dalam artian proses pembelajaran memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya, sesuai dengan kesiapan belajar, minatnya, dan profil belajar siswa tersebut.  

"Jadi suksesnya proses pembelajaran ketika siswa bisa belajar dengan bahagia dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik," tandasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: