Ini Jurusan di SMK yang Cocok Untuk Perempuan, Mana yang Sesuai Dengan Passionmu

Ini Jurusan di SMK yang Cocok Untuk Perempuan, Mana yang Sesuai Dengan Passionmu

Beberapa Siswa SMKN 2 jurusan tata busana melakukan pemagangan di salah satu usaha tukang jahit di Kota Prabumulih Foto: Eka/ PP --

PRABUMULIHPOS.CO.ID - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menawarkan berbagai jurusan yang menarik. Bagi kaum hawa, ada beberapa jurusan di SMK yang bisa jadi pilihan. Prospek kerjanya juga tak kalah menjanjikan.
Karna memang siswa SMK benar benar dicetak mempersiapkan diri untuk masuk dalam dunia kerja. Tak heran, 60 persen proses pembelajaran di SMK mengutamakan kegiatan praktik. Sementara 40 persennya adalah materi teori.

Nah Di SMK, ada jurusan yang menarik ditawarkan khusus bagi para perempuan. Seperti di SMKN 2 Prabumulih misalnya, ada jurusan Tata Boga yang banyak mendalami bidang kuliner, lalu ada jurusan Tata Busana yang cocok buat siswa yang hobi menjahit dan desainer baju sesuai keinginan, tak ketinggalan juga ada jurusan Akuntansi perkantoran yang rata rata adai di setiap SMK.

“kita memang berkomitmen mecetak generasi muda untuk siap membuka usaha sendiri, selainmisi SMK Bisa, kami memiliki komitmen untuk mempersiapkan pengusaha muda,” ujar kepala SMK N 2 Prabumulih, Salijon SPd MSi.

Dia menjelaskan, Jurusan Tata Boga merupakan ilmu pengetahuan mengenai seni mengolah makanan, mulai dari persiapan, pengolahan, hingga cara menghidangkan makanan. Tentunya bukan sekadar bisa menyajikan makanan enak, berbagai bidang ilmu turut menjadi materi pembelajaran.

Siswa jurusan tata boga juga belajar tentang perencanaan, pengelolaan, hingga cara mengevaluasi usaha kuliner. Prospek kerja lulusan Tata Boga pun beragam, bisa bekerja di dunia kuliner, kapal pesiar, industri katering ataupun memiliki usaha sendiri. “kami sering mengundang guru terbang cheff terkenal diperhotelan untuk menambah ilmu siswa jurusan ini,” bebernya.

Nah Jurusan Tata Busana  juga tak kalah seru. Apalagi dunia mode selalu mengalami perubahan, Prospek kerja bagi lulusan Tata Busana juga terbuka luas. Lulusan SMK Tata Busana bisa menjadi desainer, patern maker, fashion stylist dan banyak lagi. Jika ingin melanjutkan kuliah di Jurusan Tata Busana pun bisa.

Di SMKN 2 jurusan ini juga sering meraih prestasi atas skill yang dimiliki siswanya, sehingga tak heran sekarang jurusan ini tinggi peminat di SMKN 2.

ada juga Jurusan Akuntansi perkantoran, yang merupakan sebuah jurusan yang menyiapkan siswa untuk bisa mempraktekkan profesi akuntansi dan melakukan fungsi bisnis terkait, termasuk menerapkan instruksi dalam prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya,pengendalian anggaran, dan lainya.

Ilmu Akuntansi dapat diaplikasikan di berbagai instansi bisnis, baik yang bersifat profit, non-profit, publik, maupun instansi pemerintahan. “jurusan akuntansi perkantoran rata-rata semuanya ada di setiap SMK yang ada di Kota Prabumulih, inilah yang paling banyak diminati oleh pelajaran perempuan,” tandasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: