Tekan Inflasi dan Ancaman Resesi, Prabumulih Target 1 RT 1 KWT

Tekan Inflasi dan Ancaman Resesi, Prabumulih Target 1 RT 1 KWT

Peresmian panen perdana sayur-sayuran KWT Harmoni di Jalan Seroja, Perum Vina Sejahtera II, Blok ED 01, RT 04, RW 09, Kelurahan Gunung Ibul. -ros -

PRABUMULIH, PRABUMULIH POS.CO.ID - Agar tak terdampak inflasi dan resesi krisis ekonomi tahun 2023, Kelurahan Desa ditarget memiliki 1 Kelompok Wanita Tani (KWT) di tiap RT.

"Kita berharap target 1 RT ada 1 KWT kalaupun tidak minimal 1 RW 1 KWT," kata Asisten II Kota Prabumulih, Muhammad Ali MSi saat menghadiri panen perdana sayur-sayuran KWT Harmoni di Jalan Seroja, Perum Vina Sejahtera II, Blok ED 01, RT 04, RW 09, Kelurahan Gunung Ibul, kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Senin 5 Desember 2022

Menurutnya, KWT tak harus terpusat. " Tidak perlu tersentral, pakai polibet tidak masalah. Ini akan menjadi kajian bagi dinas terkait agar di tahun 2023 kita tidak terdampak resesi," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, mantan Kadis kominfo ini menyampaikan, kegiatan KWT merupakan kegiatan yang sangat inspiratif dan harus menjadi contoh bagi warga lainnnya. "Harapan kita walaupun kecil dan sederhana tetapi manfaatnya sangat besar," imbuhnya.

Apalagi kata dia KWT merupakan salah satu upaya untuk membudayanya masyarakat agar terbiasa memenuhi kebutuhan keluarga dari hasil sendiri.

"Artinya ketika gejolak di pasar atau inflasi timbul. Paling tidak masyarakat kita bisa bertahan dan masyarakat harus mempersiapkan hal itu. Jadi harapan kita tanamlah selagi bisa ditanam dan panenlah selagi bisa dipanen," tuturnya.

Dilanjutkannya, jika KWT sudah menjadi budaya maka kebutuhan akan terpenuhi tanpa harus belanja ke pasar. "Dan ini sudah menjadi program unggulan Provinsi dan juga Prabumulih dan ini akan menjadi budaya masyarakat Prabumulih dan menjadi ketahanan pangan,"pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: