Fakultas Pertanian UNSRI Diversifikasi Produk Olahan Nata De Coco dan Nanas Bersama Lima UMKM Prabumulih

Fakultas Pertanian UNSRI Diversifikasi Produk Olahan Nata De Coco dan Nanas Bersama Lima UMKM Prabumulih

PENGABDIAN : Fakultas Pertanian UNSRI melakukan pengabdian masyarakat melakukan diversifikasi produk olahan Nanas dan Nata De Coco bersama UMKM Prabumulih, Kamis.--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID – Fakultas Pertanian (FP) UNSRI, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) melakukan pengabdian masyarakat di Prabumulih.

Lewat pembinaan lima UMKM Prabumulih, dalam rangka mendiversifikasi produk olahan Nanas dan Nata De Coco. Tidak hanya menerjunkan dosennya, FP UNSRI juga melibatkan mahasiswa dan alumni dalam rangka pengabdian masyarakat.

Hal itu dibenarkan Pembimbing Olahan Nata De Coco, DR Eka Lidiasari STP MSi dan Pembimbing Olahan Nanas, Friska Syaiful STP MSi ketika dibincangi awak media, Kamis, 8 Desember 2022.

“Selama 6 bulan, kami bersama mahasiswa melakukan pembinaan lima UMKM di Prabumulih. Dalam rangka meningkat kemampuan diversifikasi produk bagi UMKM olahan Nanas dan Nata di Prabumulih,” ujarnya.

Rincinyaa, ada 2 UMKM dilakukan diversifikasi olahan Nata De Coco. Meliputi, UMKM Trilyiat dan KsP. Lalu, olahan Nanas melibatkan 3 UMKM, antara lain Rosecake, Barokah, dan Cindo.

“Sudah kelihatan hasil pembinaan dalam rangka pengabdian masyarakat, yaitu jenis olahan Nata De Coco ada Ready To Drink, Jelly Nata De Coco. Sedangkan, olahan Nanas antara lain; sumpia nanas , permen jelly, wajik nanas, dan bon cabe nanas,” terangnya.

Pembinaan terhadap UMKM olahan Nanas dan Nata De Coco ini dilakukan selama 6 bulan oleh para mahasiswa. Terdiri dari 8 mahasiswa PKL olahan Nata De Coco serta 6 mahasiswa dan alumni olahan Nanas.

“Pengabdian kepada masyarakat skema terintegrasi, tidak hanya bantuan ilmu saja diberikan tetapi juga ada alat pendukung kita berikan,” sebutnya.

Harapannya, lewat kegiatan pengabdian ini bisa mendorong UMKM Prabumulih lebih aktif dalam mendorong diversifikasi produk olahan Nata De Coco dan olahan Nanas guna meningkatkan kesejahteraan para UMKM ini.

“Kegiatan ini, didanai DIPA UNSRI 2022 dan LPPM UNSRI. Pembinaan lewat pengabdian masyarakat diberikan FP UNSRI ini, jelas memberikan manfaat bagi UMKM olahan Nata De Coco dan olahan Nanas di Prabumulih,” tandasnya.

Terpisah, Bambang, salah satu mahasiswa FP Program Studi THP mengatakan, lewat kegiatan pengabdian masyarakat ini dirinya bisa menerapkan ilmu dibangku kuliah.

“Lewat praktek bersama UMKM Prabumulih dalam mengelola Nanas dan Nata De Coco menjadi olahan produktif,” bebernya.

Lanjutnya, pengabdian masyarakat dilakukan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi para UMKM. Tetapi, dirinya selaku mahasiswa tengah PKL. “Bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang diversifikasi produk olahan Nanas dan Nata De Coco,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: