Warga Pangkul Minta Kejelasan, Pertanyakan Batas Wilayah dengan Desa Persiapan Pangkul Jaya

Warga Pangkul Minta Kejelasan,  Pertanyakan Batas Wilayah dengan Desa Persiapan Pangkul Jaya

Warga mendatangi Kantor Kepala Desa untuk meminta kejelasan terkait batas wilayah Desa Pangkul dan Desa Persiapan Pangkul Jaya. Foto: ist--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID- Ratusan warga Desa Pangkul dan warga Desa Persiapan Pangkul Jaya Kecamatan Cambai Kota Prabumulih, menggeruduk Kantor Kepala Desa Pangkul, Rabu 28 Desember 2022.

Kedatangan warga tersebut, tak lain untuk mempertanyakan kejelasan batas wilayah antara Desa Pangkul dan Desa Persiapan Pangkul Jaya.

Informasi yang diterima, warga Desa Pangkul tak terima bila sebagian wilayah Pangkul Dalam atau Pangkul Dusun harus masuk dalam wilayah Desa Persiapan Pangkul Jaya.

"Kami dak galak dusun kami masuk sano, sebab kabarnya sebagian dari Pangkul (Pangkul Dusun,red) ini masuk ke Desa Persiapan. Jadi kami minta kejelasan," kata salah satu warga.

Camat Cambai Mat Zainal SAg dikonfirmasi terpisah terkait tuntutan warga, menyampaikan bila warga meminta kejelasan batas wilayah.

Terkait itu, Mat Zainal menyampaikan pihaknya akan melapor ke Pemerintah Kota dalam hal ini Assiten 1 dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). "Akan kami laporkan untuk selanjutnya disampaikan ke pak Walikota," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pangkul Jakarta Yadi SH mengungkapkan aksi demo tersebut dikarenakan adanya masyarakat yang belum faham. "Tapi pada dasarnya kita ini masih satu desa. Nanti kami akan melapor ke pak Walikota," imbuhannya.

Ia mengajak masyarakat untuk sama sama sehingga persoalan tersebut segera selesai. "Kita sama-sama berjuang batas wilayah, karena ini prosesnya panjang dan tak hanya di kami," tukasnya.

Seperti diketahui, upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih untuk memekarkan desa Pangkul berlahan terwujud. Desa Pangkul dimekarkan menjadi Desa Persiapan Pangkul Jaya. Pangkul Jaya merupakan wilayah yang ditempati oleh warga Desa Pangkul Jawa.

Nah, selama menjadi Desa Persiapan. Pemkot dalam hal ini Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM sudah melantik Penjabat Sementara Kades Desa Persiapan Pangkul Jaya, yakni Samsul Basri. Pelantikan dilakukan, Senin 19 Desember 2022 lalu.

Dalam sambutannya, Ridho Yahya berharap agar Desa Persiapan Pangkul Jaya menjadi desa definitif dalam waktu 1 tahun.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: