2023, Bahan Bakar Minyak Jenis Pertalite Dihapus?

2023, Bahan Bakar Minyak Jenis Pertalite Dihapus?

Pertalite dan Pertamax yang masih dijual di SPBU saat ini.--

PRABUMULIHPOS.CO.ID – Pemerintah pada 3 Januari 2023 kemarin, memberlakukan penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non-subsidi, yakni jenis Pertamax, Pertamina Dex dan lainnya.

Penurunan atau penyesuaian harga BBM itu dilakukan menyusul harga minyak dunia.

BACA JUGA:Penerima Bansos dengan Ciri Ini Akan Dicoret Kepesertaannya, Kamu Termasuk?

Dengan turunnya harga BBM non-subsidi tersebut, kini berhembus kabar mengenai rencana penghapusan BBM jenis Pertalite di seluruh Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) pada 2023 ini.

Apalagi wacana penghapusan Pertalite (RON 9) dan Pertamax (RON 92) sudah dihembuskan sejak September 2022.

Sugeng Suparwoto, selaku Ketua Komisi VII DPR RI saat itu meminta agar diadakannya kesesuaian dengan peraturan menteri lingkungan hidup dan kehutanan.

BACA JUGA:Mudah Banget! Dan Terbaru, Inilah Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis Langsung Cair

Yakni Permen Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru kategori M, N dan O.

Dengan adanya peraturan tersebut, maka jenis BBM yang bisa dipasarkan ke khalayak harus sesuai dengan standar emisi Euro 4.

Atau dengan kata lain, untuk kedepan jenis bahan bakar minyak yang beredar di masyarakat harus memiliki kadar RON minimal 95 atau BBM  Pertamax Turbo.

BACA JUGA:BBM Turun, Antrian SPBU di Kota Prabumulih Makin Panjang

BACA JUGA:Hari Ini, Harga BBM Turun, Ini Daftar Harganya

“Bahkan di Peraturan Menteri LHK, Pertamax itu bahkan dihapus, ditingkatkan lagi Euro 4 yakni RON 95 atau 98,” jelas Ketua Komisi VII DPR RI ketika itu.

Terkait dengan adanya kabar tentang rencana penghapusan Pertalite yang akan diberlakukan pada tahun 2023  ini.

Sebetulnya. Pada 2022 lalu, pemerintah sudah menegaskan bahwa tidak ada rencana penghapusan BBM jenis Pertalite yang memiliki RON 90.

Meski demikian, melalui aplikasi mypertamina publik masih tetap bisa untuk membeli bahan bakar minyak jenis Pertalite.

BACA JUGA:Terbukti! Lewat Aplikasi Ini, Kamu Bisa Dapatkan Saldo DANA Gratis Hingga Puluhan Juta dan Bisa Beli Kendaraan

BACA JUGA:Resmi! Jenis BBM Ini Dihapus dan Dilarang Dipasarkan, Pertalite?

Tujuannya tidak lain agar bahan bakar minyak bersubsidi ini benar-benar hanya dinikmati oleh masyarakat menengah kebawah.

Sayangnya, kebijakan ini sempat menuai kontroversi karena adanya larangan menggunakan Handphone saat berada di SPBU.

Kendati demikian, secara bertahap dan berkesinambungan pemerintah akan menitik-beratkan sosialisasi akan pentingnya lingkungan bersih.

“Ada masa dimana Pertalite harus dry, harus shifting dari Pertalite ke Pertamax,” jelas Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM, Soerjaningsih seraya menambahkan bahwa penghapusan Pertalite akan dilakukan secara bertahap. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: