Waspada DBD, Lurah Gunung Ibul Ajak Warga Biasakan PHBS

Waspada DBD, Lurah Gunung Ibul Ajak Warga Biasakan PHBS

Lurah Gunung Ibul Fitriyadi SH --Ros/Prabupos

GUNUNG IBUL, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Lurah Kelurahan Gunung Ibul Fitriyadi SH menghimbau warganya, untuk menerapkan dan membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Imbauan tersebut disampaikan, agar warga Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur terlindungi dari penyakit terutama Demam Berdarah Dengue (DBD). Terlebih masuk awal tahun ini, setidaknya sudah ada 1 warga yang terjangkit DBD.

"Imbauan untuk warga agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Kalau jadi kebiasaan insyaallah tidak ada DBD," imbau Fitriyadi, Kamis 5 Januari 2023

BACA JUGA:Jabatan Kepala BPKAD Kota Prabumulih Bakal Dilelang Ulang, Kenapa..?

BACA JUGA:69 Tenaga Kesehatan Sanggah Hasil Pengumuman Kelulusan P3K

Dengan menerapkan PHBS lanjut dia, tidak akan ada genangan air tempat jentik nyamuk bersarang. "Kemudian jangan lupa sampah dibersihkan, dan bak rutin dikuras," lanjutnya menyampaikan jentik nyamuk Aedes bertahan lebih lama dari jentik biasa sehingga bila tak rutin dibersihkan akan berkembang biak dengan cepat.

BACA JUGA:Tahun 2022, Tercatat 477 Pasangan Pengantin Baru di KUA Kecamatan Prabumulih Timur

BACA JUGA:Juara PHBS, Kader Patih Galung Diganjar Reward Jalan-Jalan

Selain penerapan PHBS kata, Adi - sapaan akrabnya mengungkapkan pemberantasan jentik nyamuk dan sosialisasi pencegahan DBD juga dilakukan oleh kader Jumantik.

"Kader jumantik kita ada, mereka langsung sosialiasi ke lapangan (lokasi penderita DBD) dan sosialisasi cara menanggulangi DBD termasuk pola hidup bersih," tukasnya mengatakan lingkungan padat seperti perumahan rentan menjadi lokasi penyebaran nyamuk DBD.

Kader Jumantik Kelurahan Gunung Ibul, Siti Kholifah mengungkapkannya pihaknya sudah mendatangi warga yang terjangkit DBD. "Warga yang terjangkit DBD di RW 09," katanya.(*)

BACA JUGA:Cuma Modal ‘Tap’ Dapat Saldo DANA Gratis Rp800 Ribu, Langsung Cair

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: