Ada Imlek Ada Hujan, Kenapa Yaa?

Ada Imlek Ada Hujan, Kenapa Yaa?

Ini adalah hari pertama tahun baru China yang Berzodiak Tahun Kelinci Air, pepatah yang mengatakan 'sedia payung sebelum hujan' memiliki arti secara harfiah. Benar-benar harus disediakan.--

PRABUMULIHPOS.CO.ID - SELAIN dimeriahkan dengan atraksi barongsai, bagi-bagi angpao, beribadah di vihara, ataupun kue-kue keranjang. nyatanya Hujan adalah pelengkap terakhir yang dari hadir di perayaan Imlek atau hari pergantian tahun baru China, pada setiap tahunnya.

Begitupun perayaan imlek yang tahun pada hari ini (Minggu 22 Januari 2023) tak luput dari guyuran hujan. Namun, bagi orang-orang Tionghoa, hari-hari basah di sepanjang momen pergantian tahun merupakan momen berkah, atau dikatakan bisa membawa kekayaan.

Mereka yang percaya adanya hujan saat awal tahun, berarti menandakan bahwa ada rezeki berlimpah yang ada untuk semua orang. Ya Bisa dikatakan orang keturunan Tionghoa senang dengan kondisi seharian mendung dan hujan ini, Bagi mereka yang percaya, Tak ada yang tidak menyukai hujan, 

Bagaimana bila dilihat dari pendekatan ilmu pengetahuan, astronomi. Mengapa saat perayaan Tahun Baru Imlek, selalu ada hujan?

Baca Juga : Ini 20 Ucapan Imlek yang Bisa Kalian Gunakan di Hari Imlek Nanti Baik Untuk Status WA, Instagram, FB lainya

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, Karena pergantian tahun baru China yang selalu jatuh pada kurun waktu Desember, Januari, dan Februari, makanya momen-momen Imlek senantiasa basah basahan.

Ya karena diketahui bahwa sepanjang periode tersebut, merupakan puncak dari cuaca musim penghujan di sebagian besar wilayah Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Lantas hal demikian adalah jawaban, hari perayaan Imlek yang selalu hujan.

Termasuk juga tahun ini, intensitas curahnya, kian meningkat bertepatan saat hari perayaan. Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menyebut, Imlek pada tanggal 22 Januari 2023 pun, berpotensi hujan.

“Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tidak merata perlu diwaspadai di sebagian wilayah,” katanya.

Alhasil hari pertama tahun baru China yang berzodiak Tahun Kelinci Air ini, pepatah ‘sedia payung sebelum hujan’ memiliki arti secara harfiah. Benar-benar mesti disediakan. Karena ada Imlek, ada hujan. (*)

Baca Juga : Ini 20 Ucapan Imlek yang Bisa Kalian Gunakan di Hari Imlek Nanti Baik Untuk Status WA, Instagram, FB lainya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: