Pentingnya Supervisi Guru Untuk Peningkatan Kinerja

Pentingnya Supervisi Guru Untuk Peningkatan Kinerja

Guru SMP Muhammadiyah saat disupervisi ketika sedang mengajar --

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID- Supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah kepada seorang guru, adalah bagian penting dari keseluruhan proses kinerja guru yang bersangkutan. karena hasil yang diperoleh dari kegiatan pengawasan menjadi dasar bagi pengembangan guru profesional yang berkelanjutan.

BACA JUGA:Keluarga Tunas Kelapa Berduka, Asmara Dewi Berpulang

Karena itu kepala SMP Muhammadiyah Prabumulih, melakukan supervisi mengajar bagi gurunya. Dalam pelaksanaan supervisi bukan mencari kesalahan ataupun mengomentari cara mengajar guru saja, namun lebih pada pembinaan dan pembelajaran agar dapat mengajar lebih baik.

BACA JUGA:Selamat... CEO SEG-RB Dr Muslimin dan Istri Diwisuda

 "Supervisi dilakukan setahun 2 kali, dalam upaya peningkatan kinerja guru semua mata pelajaran (mapel), Dan penilaian yg dilakukan untuk guru mapel terutama guru honor agar tetap terpakai untuk tahun berikutnya," ujar Kepala SMP Muhammadiyah, Jaliah MPd, Rabu 15 Februari 2023.

BACA JUGA:Berhasil Turunkan Stunting, Kota Prabumulih Raih Penghargaan

Lanjutnya, dalam pelajaran supervisi, Pihak sekolah akan melihat kinerja guru,Supervisi sangat la penting jika ingin melihat kuwalitas guru dalam mengajar peserta didik.

BACA JUGA:Serahkan Hasil Musrenbang ke Pemkot

"Kita akan mencari guru yang profesional, kita akan mempertahankan dan memberi kepercayaan kepada masyarakat jangan asal mengajar saja," ujarnya.

BACA JUGA:Wamentan Bakal Tinjau Budidaya Nanas di Kelurahan Karang Jaya

Istri Hermansyah ini mengatakan, penilaian kepala sekolah terhadap guru itu, sangat penting khususnya melakukan supervisi guru mapel, Apalagi sekarang menghadapi perubahan penerapan kurikulum merdeka yang perlu penyesuaian dan perubahan pola mengajar dari kurikulum sebelumnya.

BACA JUGA:Wamentan Bakal Tinjau Budidaya Nanas di Kelurahan Karang Jaya

"Harapan kita dengan terus dilakukan supervisi mengajar bagi para guru, diharapkan dapat terus meningkatkan kinerjanya sebagai upaya mewujudkan cita cita negara mencerdaskan anak bangsa," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: