Ini Kunci Kesungguhan Belajar dan Nyantri Dengan Baik

Ini Kunci Kesungguhan Belajar dan Nyantri Dengan Baik

Santri pondok pesantren Harinka--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Di dalam urusan belajar dan nyantri, diperlukan Kesungguhan tiga pihak yang terkait, yaitu Murid, Guru, dan Orang tua atau Wali murid. Karena Kesungguhan dalam belajar dan memperdalam ilmu bukan hanya dari pelajar semata, namun kesungguhan ini juga dibutuhkan kesungguhan dari tiga (3) orang, yakni pelajar (murid), guru, dan orang tua. 

BACA JUGA:Tekankan Guru Agar Tingkatkan Kompetensi

"Jika murid, guru, dan orang tua sungguh-sungguh, insya Allah itu akan berhasil, kesulitan (dalam menuntut ilmu, dalam belajar) akan dapat terselesaikan, insya Allah," ujar Pimpinan Pondok Pesantren Harinka, M Harun Rasyid MPdI, Senin 20/2/2023.

menurut pria ini, Manusia diperintahkan Allah untuk belajar dan belajar. Hanya saja memang kualitas akal manusia itu berbeda-beda. Nah, kesungguhan inilah yang menjadi kunci. Dengan kesungguhan ini, sesuatu yang sulit itu insya Allah akan dimudahkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

BACA JUGA:Mahasiswa Universitas Bina Darma Jadi Relawan Pajak 2023

"Para santri harus bersungguh-sungguh dalam belajar, harus tekun. Seperti yang diisyaratkan dalam Al-Qur'an, yang berisikan bahwa orang-orang yang berjihad atau berjuang sungguh-sungguh untuk mencari (keridhaanku), maka benar-benar Aku akan tunjukkan mereka kepada jalan-jalan menuju keridhaan Allah," jelasnya.

Dia mengatakan, dengan versungguh-sungguh mencari sesuatu tentu akan mendapatkannya. Dan siapa saja yang mau mengetuk pintu, dan maju terus, tentu bisa masuk.

BACA JUGA:Sudah 25 Kali Beraksi, Spesialis Pembobol Rumah Bedeng di Palembang Ini Akhirnya Diringkus Polisi

"Dengan kadar sengsaramu dalam berusaha kamu akan mendapat apa yang kamu dambakan. Kaena belajar dan memperdalam ilmu fiqih itu, dibutuhkan adanya kesungguhan dari tiga orang, kesungguhan murid, guru dan ayah bila masih hidup," tandasnya.(05)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: