Penerapan Media Pembelajaran interaktif Membantu Peserta Didik Sekolah Dasar Untuk Memahami Materi Pembelajara

Penerapan Media Pembelajaran interaktif Membantu Peserta Didik Sekolah Dasar Untuk Memahami Materi Pembelajara

Nurekaheni Viola Rahmi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi PGSD Universitas Sriwijaya--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID- Pada era 4.0 kita dihadapkan dengan berbagai macam perkembangan mulai dari pendidikan, informasi dan tentu saja teknologi. Salah satu bentuk perkembangan pendidikan adalah adanya Pembelajaran abad ke-21, Pembelajaran abad ke-21 adalah pembelajaran yang dirancang untuk generasi abad 21 agar mampu mengikuti arus perkembangan teknologi terbaru. 

BACA JUGA:Sebelum Berpulang, Sahilin Ungkap Rindu Almarhumah Istri

Pada saat melakukan pembelajaran guru menyiapkan perangkat pembelajaran, salah satu bagian dari perangkat pembelajaran adalah media pembelajaran. Media pembelajaran memiliki peranan penting yang bertujuan untuk membantu guru menyampaikan informasi atau pesan yang ada dalam materi pembelajaran. 

BACA JUGA:Sahilin, Sang Maestro Batang Hari Sembilan Berpulang

Media pembelajaran memiliki berbagai macam jenis, salah satu contoh yang sering dibuat oleh guru adalah media pembelajaran konvensional, media pembelajaran konvensial merupakan media pembelajaran yang biasanya dibuat menggunakan kertas karton, kertas origami dan masih banyak lagi di dalamnya berisi materi pembelajaran yang belum mengalami proses digitalisasi.

BACA JUGA:Progres Pengerjaan Sisi Kanan Jalan Lingkar Baru 2 Persen

Pada pembelajaran abad ke-21 ini seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa pembelajaran abad ke-21 dirancang agar mampu mengikuti perkembangan teknologi, maka terdapat salah satu media pembelajaran yang dibuat menggunakan teknologi yaitu media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif merupakan media pembelajaran yang sudah mengalami proses digitalisasi dengan menggabungkan unsur audio dan visual. Contoh, PowerPoint, Padlet, Video Pembelajaran dan lainnya. 

BACA JUGA:Sebelum Berpulang, Sahilin Ungkap Rindu Almarhumah Istri

Karakteristik peserta didik sekolah dasar tentu sangat berbeda satu sama lain, salah satu contohnya adalah pola belajar, pola belajar peserta didik terbagi menjadi 3 yaitu visual, audio dan kinestetik. Peserta didik sekolah dasar memerlukan benda-benda konkrit untuk lebih memahami pembelajaran yang sedang dilaksanakan.

BACA JUGA:Mobil Pegawai Raib di Halaman Parkir Kantor PMD Kabupaten OKI, Aksi Pelaku Pencurian Terekam CCTV

Contoh pembelajaran yang memerlukan benda konkret adalah sistem pencernaan hewan, untuk peserta didik sekolah dasar tentu akan sulit mamahami organ-organ apa saja yang terlibat dalam sistem pencernaan hewan, tidak mungkin guru harus membawa hewan ke dalam kelas, maka guru dapat membuat media pembelajaran interaktif menggunakan salah satu aplikasi yang ada di dalam laptop ataupun handphone sehingga mempermudah penjelasan pada saat pembelajaran.

BACA JUGA:Berkas Dilimpahkan, 3 Tersangka Dana Hibah Bawaslu Ogan Ilir Siap Disidang

Jadi, media pembelajaran interaktif ini sangat baik diterapkan pada pembelajaran abad ke-21. Sebagaimana pembelajaran abad ke-21 mengarahkan pembelajaran untuk menggunakan tekonologi, sehingga mempermudah guru dalam melakukan penyampaian materi dan membantu peserta didik untuk memahami pembelajaran yang memerlukan benda-benda konkret.**

Artikel by :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: