BPOM Pastikan Takjil Pasar Bedug Prabumulih Aman Dikonsumsi

BPOM Pastikan Takjil Pasar Bedug Prabumulih Aman Dikonsumsi

Pelaksanaan pemeriksaan sampel kandungan zat yang terkandung di dalam Takjil pasar bedug. Foto; ist--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Makanan takjil yang dijual oleh pedagang pasar bedug di Kota Prabumulih, dipastikan aman dari zat makanan berbahaya seperti boraks dan formalin.
 
 
Hal itu diketahui dari dari hasil uji sampel yang dilakukan oleh BPPOM perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, bersama Dinas Kesehatan Kota Prabumulih, Jumat 7 April 2023.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Prabumulih dr Hj Hesti Widyaningsih MM melalui kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Djoko Listyano SKM MSi menuturkan ada 3 lokasi pengambilan sampel.
 
 
"Di pasar bedug Nur Arafah, Nasional dan sepanjangan pasar bedug Pasar Karya," kata Djoko.
 
Untuk sampel yang diuji yakni ada 33 sampel makanan. "Alhamdulillah dari 33 sampel yg kita beli dan kita uji di lapangan, dinyatakan bebas formalin dan borak. sehingga semua jajanan takjil yg ada di Kota Prabumulih sehat untuk di konsumsi," ujarnya.
 
 
Disampaikannya, contoh sampel yang di ambil diantaranya pempek, tahu, mie. Minuman berupa cendol dan cincau, semuanya aman. 
 
Untuk pemerikasaan diketuai langsung oleh kepala BPOM di Palembang dan tim di dampingi oleh staf ahli Mulyadi dan OPD seperti Dinkes, Dinas perdagangan dan Sat Pol PP Kota Prabumulih.
 
 
"Insya Allah mewakili semua jajanan takjil di Kota Prabumulih. Semoga semuanya aman untuk dikonsumsi. Sehingga ramadhan benar benar bisa fokus mencari keberadaan dan tetap hidup sehat," harapnya.(05)
 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: