Ini Alasan Keterlambatan Parpol Ngumpul Berkas

Ini Alasan Keterlambatan Parpol Ngumpul Berkas

Komisioner KPU kota Prabumulih saat menyambut kedatangan Peserta Pemilu 2024. Foto; ist--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.Disway.co.id- Dua hari jelang penutupan pengumpulan berkas Bakal calon Anggota DPRD, dari 18 Partai politik peserta pemilu, baru 5 partai politik yang sudah menyaksikan berkas bakal calon anggota DPRD, ke KPU Kota Prabumulih, hingga Jumat 12 Mei 2023.

BACA JUGA:PAN Prabumulih Targetkan 4 Kursi di Tiga Dapil

Menurut Ketua KPU Kota Prabumulih, melalui Komisioner Divisi teknis pelaksanaan pemilu, Titi Marlinda SE MSi, banyak hal yang bisa jadi membuat peserta partai politik mengantarkan berkas ke KPU.

BACA JUGA:KEREN! Begini Spesifikasi Fly Over Gelumbang dan Bantaian yang Dibangun Tahun Ini

Diantaranya adalah parah bakal calon harus mengupload pendaftaran Melalui aplikasi calon (Silon), yang mana berkas terus harus terverifikasi dulu oleh KPU Provinsi bahkan KPU RI, berkas yang dikumpulkan ke KPU Kabupaten Kota adalah hasil dari print out data bakal calon yang ada di Aplikasi.

BACA JUGA:PAN Segera PAW-kan Menantu Gubernur Sumsel, Ini Penyebabnya

"Kemungkinan menghambat tersebut bisa jadi keterlambatan upload, atau jika sudah upload keterlambatan verifikasi dari KPU RI. Dan memang persyaratan yang harus diupload bakal calon itu cukup banyak, fatalnya lagi jika memang tidak bisa selesai dalam satu waktu, maka harus upload ulang data keseluruhan," jelasnya.

BACA JUGA:Lewat Aplikasi Ini, Dapat Saldo DANA Gratis Rp 1 Juta Setiap Hari

Sedangkan diketahui berkas yang dibawa ke KPU, saat menyampaikan bakal calon tersebut, hanya tiga jenis saia. Yaitu berkas pendaftaran, surat persetujuan dari partai politik dan daftar keseluruhan bakal calon yang diusung oleh Parpol.

BACA JUGA:Layanan Cabang, ATM & Mobile Banking BSI Sudah Kembali Normal

"Kemungkinan peserta pemilu akan menyampaikan daftar bakal calon di hari terakhir, karena yang sudah menyampaikan informasi ke KPU, hari Sabtu ada 4 partai," bebernya yang didampingi oleh komisioner lainnya Surya Muda Karana, HT Kosim Cikming dan Erawati.

BACA JUGA:Mantan Kadisdik Prabumulih dan Mantan Anggota DPRD dari PPP Jadi Bacaleg PDI Perjuangan

Sementara Hermali, ketua DPD PAN Prabumulih, menyampaikan bahwa pelaksanaan penyampaian berkas bakal calon dari PAN setiap Kabupaten Kota, memang sudah terjadwal seluruh Indonesia mengumpulkan berkas hari ini. Jadi walaupun Semua berkas sudah lengkap, dihari sebelumnya, tetap menunggu hingga hari ini tiba.(05)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: