Apa Iya Susu Evaporasi dan Susu Bubuk Benar-Benar Susu?

Apa Iya Susu Evaporasi dan Susu Bubuk Benar-Benar Susu?

Susu evaporasi--

PRABUMULIHPOS.CO.ID - Bagaimana bisa susu sapi yang hanya bisa disimpan 3 hari di suhu ruang bisa tahan berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun setelah diolah menjadi susu evaporasi atau susu bubuk?

BACA JUGA:Balon Anggota DPD Pemilu 2024 yang Dinyatakan Memenuhi Syarat Dukungan dan Sebaran, 4 Provinsi Ini Paling Sedi

Apa iya susu bubuk dan susu evaporasi yang sudah familiar di telinga kita adalah benar susu? Atau ternyata hanyalah persen tinggi gula seperti krimer yang dulunya kita kenal dengan sebutan susu kental manis?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentunya kita harus memahami proses pengolahan susu bubuk dan susu evaporasi terlebih dahulu.

BACA JUGA:Laskar Himpaudi Se Sumsel Gelar Silaturahim dan Halal Bihalal di Prabumulih

BACA JUGA:Polisi Kantongi Hasil Visum Habib Bahar bin Smith, Sudah Periksa 16 Saksi

Dalam pengolahannya, baik susu evaporasi maupun susu bubuk harus melewati rangkaian tahapan yaitu pemisahan susu skim dan krim, perlakuan panas, dan evaporasi (Walmsley et al., 2018).

Evaporasi merupakan penghilangan sebagian besar air bahan dengan cara memberikan panas pada titik didihnya menggunakan evaporator (Sumarlan et al., 2020) sehingga akan meningkatkan kadar total solid bahan tersebut.

BACA JUGA:Apes! Dua Pencuri Kabel di Muba ini Kepergok Sekuriti Saat Beraksi

BACA JUGA:Tiga Bulan Buron, Pelaku Penggelapan Uang Perusahaan Rp402 Juga Ini Akhirnya Diringkus Polisi

Evaporasi pada susu evaporasi dilakukan hingga kadar air susu mencapai 60% tanpa menambahkan gula, sedangkan pada susu bubuk kadar air diturunkan hingga maksimal 5% (SNI, 2006).

Pada skim milk powder (SMP), evaporasi berhasil meningkatkan kadar total solid hingga 45-50% (Lin et al., 2018).

BACA JUGA:AUTO CUAN! 10 Cara Mendapatkan Saldo DANA Gratis Terbaru 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: