Sejarah dan Asal Usul Palembang yang Ulang Tahun Ke-1340 Tahun

Sejarah dan Asal Usul Palembang yang Ulang Tahun Ke-1340 Tahun

Kota Palembang--

PALEMBANG, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Kota Palémbang yang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (17/6) kemarin memperingati hari jadinya yang ke-1340 tahun.

BACA JUGA:18 Juni, Dunia Memperingati Hari Internasional untuk Melawan Ujaran Kebencian, Ini Hal yang Harus Kamu Lakukan

Jika melihat angka tersebut, tentunya usia yang sudah sangat-sangat berumur dan menjadikan kota Palembang menjadi salah satu kota tertua di Indonesia.

Meniliki dari situs resmi kota Palembang, kota yang dikenal dengan kota pempek ini lahir pada 16 Juni 682. Itu berdasarkan prasasti yang ada.

BACA JUGA:Lewat Aplikasi Ini, Bisa Top Up Saldo DANA hingga Rp15 juta

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Game Android untuk Bantu Anak Belajar, Bunda Wajib Instal

Berdasarkan topografinya Kota Palembang ini dikelilingi oleh air, bahkan bisa dikatakan terendam oleh air. Air tersebut bersumber dari sungai, rawa dan juga air hujan.

Pada masa lampau, Palembang hampir 50 persen tanahnya tergenang air. Maka saat itu nenek moyang moyang orang-orang di kota ini menamakan sebagai Pa-lembang.

BACA JUGA:Seorang Wanita Menuduh McGregor Melakukan Pemerkosaan Secara Paksa, Bintang UFC Itu Membantah Tuduhan Tersebut

BACA JUGA:Irjen Kemenag Apresiasi Kinerja Petugas Haji Indonesia

Penamaan itu dalam bahasa Melayu Pa atau Pe sebagai kata tunjuk suatu tempat atau keadaan. Sedangkan lembang atau lembeng artinya tanah rendah, lembah akar yang membengkak karena lama terendam air.

Sedangkan bahasa Melayu-Palembang, lembang atau lembeng yakni genangan air. Jadi disimpulkan Palembang adalah suatu tempat yang dahulu digenangi oleh air.

BACA JUGA:BURUAN! Pertamina Hulu Rokan Buka Program Magang, S1 Semua Jurusan Bisa Mendaftar

BACA JUGA:Kakanwil Kemenag Sumsel Lantik 6 Pejabat Administrator, Ini Daftarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: