Sejumlah Jemaah Haji Kota Prabumulih Menderita Batuk

Sejumlah Jemaah Haji Kota Prabumulih Menderita Batuk

Salah satu jemaah haji periksa di Puskesmas Mangga Besar Kota Prabumulih.--

Sejumlah Jemaah Haji Kota Prabumulih Menderita Batuk

 

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Sepulang dari tanah suci Mekkah, pada Sabtu 9 Juli 2013 lalu, sejumlah jemaah haji asal kota Prabumulih mengeluh sakit karena menderita batuk.
 
Bahkan beberapa diantaranya, berobat ke pelayanan kesehatan Puskesmas yang ada di Puskesmas pasar Kelurahan Mangga Besar Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih.
 
 
 
"Jemaah haji yang sudah tiba di Kota Prabumulih, ada keluhan batuk," kata Kepala Puskesmas Mangga Besar, Yuli Susanti, Rabu 12 Juli 2023.
 
Jemaah yang mengeluh sakit tersebut, datang ke Puskesmas dengan membawa kartu kewaspadaan kesehatan jamaah haji (K3JH). "Ada 5 orang yang datang berobat karena keluhan batuk," ucapnya.
 
 
 
Jemaah haji yang datang dengan keluhan tersebut, mendapat pelayanan dan pengobatan dari pihak Puskesmas Mangga Besar. "Kami berikan pelayanan pengobatan dan rujukan kepada yang harus kami rujuk," tuturnya.
 
 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Prabumulih dr Hj Hesti Widyaningsih MM menuturkan, sebanyak 219 Jemaah Haji Kota Prabumulih masih dalam pantauan Dinas Kesehatan selama 14 hari sejak tiba dari tanah suci Mekkah.
 
 
"Bila ada keluhan kesehatan selama masa pemantauan, untuk segera memeriksakan diri ke Puskesmas,"ungkapnya.
 
 
 
Pemeriksaan bisa dilakukan di Puskesmas terdekat, atau Puskesmas tempat jemaah memeriksan diri sebelum keberangkatan.
 
"Dan kalau perlu penanganan darurat di rumah, bisa menghubungi PSC 119. Tentunya dengan menunjukkan K3JH," tukasnya.(*)
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: