Yuk Baca, Apa saja Keutamaan Puasa Tasua-Asyura

Yuk Baca, Apa saja Keutamaan Puasa Tasua-Asyura

--

PRABUMULIH,PRABUMULIHPOS.DISWAY.I- Puasa Tasua dan Asyura adalah dua amalan puasa sunnah yang paling utama di bulan Muharram. Semua umat muslim berlomba-lomba untuk memanfaatkan ganjaran pahala atas puasa dua hari di bulan muharram ini.

BACA JUGA: Belum Puasa Tasu'ah Hari ini, Tenang, Kamu Masih Bisa Puasa Asyura

Yuk kita simak, apa saja keutamaan puasa Tasua dan Asyura tersebut.?. Mengutip dari berbagai sumber, bulan Muharram adalah salah satu bulan haram. Adapun puasa di bulan ini, merupakan puasa yang paling utama selain dari pada puasa Ramadhan.

BACA JUGA:Wow Lihat, Ada Inovasi Apalagi di SMAN 3 Prabumulih

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW, sebagai berikut:

عَنْ ‏‏أَبِي هُرَيْرَةَ ‏‏رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ‏‏قَالَ : ‏قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ‏‏صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ‏: " ‏أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ ، وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baik puasa setelah bulan Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, yaitu bulan Muharam. Dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam." (HR Muslim)

BACA JUGA: Belum Puasa Tasu'ah Hari ini, Tenang, Kamu Masih Bisa Puasa Asyura

Adapun puasa yang paling utama di bulan Muharram ini adalah puasa Tasua dan Asyura. Keduanya masing-masing dikerjakan pada tanggal 9 dan 10 Muharram.

BACA JUGA:Anisyah Agustin Asal Prabumulih, Pemenang Putri Hijabfluencer Sumsel 2023

Berikut keutamaan puasa Tasua dan Asyura seperti dikutip dari NU online 

1. Puasa yang Paling Utama setelah Ramadhan

Puasa Tasua dan Puasa Asyura termasuk ke dalam puasa yang paling utama di bulan Muharram. Hal ini sebagaimana disebutkan Rasulullah SAW dalam sebuah haditsnya,

BACA JUGA:Begini Penampakan Strada Triton Disambar Kereta di Patih Galung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: