Buntut Hasil Seleksi Bawaslu Prabumulih, Bermuara di Ombudsman

Buntut Hasil Seleksi Bawaslu Prabumulih, Bermuara di Ombudsman

Peserta Seleksi Bawaslu Sampaikan Laporan ke Ombudsman --

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Penetapan Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Kota Prabumulih, oleh Bawaslu RI sepertinya terus menjadi isu menarik untuk ditindaklanjuti. Bahian diperkirakan bakal menjadi polemik yang memicu perdebatan panjang. 

BACA JUGA:Komisioner Bawaslu Prabumulih Periode 2023 - 2028 Dilantik Malam Ini

Pasalnya, proses keputusan penetapan Komisioner Bawaslu di kota ini diduga sarat kecurangan. Salah satu indikasi yang menimbulkan kontroversi adalah adanya penundaan pengumuman kelulusan yang berulang kali terjadi.

BACA JUGA:Calon Komisioner Bawaslu Prabumulih Diumumkan, Ini Daftarnya

Pengumuman kelulusan yang seharusnya dilakukan pada tanggal 12 Agustus 2023, mengalami beberapa kali penundaan hingga akhirnya dijadwalkan pada tanggal 16-20 Agustus 2023. Namun, nyatanya, undangan pelantikan Komisioner Bawaslu telah diterbitkan sebelumnya, yakni pada tanggal 18 Agustus siang, sementara pengumuman kelulusan baru disiarkan pada pukul 19.00 WIB pada hari yang sama.

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Edukasi Peserta Prolanis tentang Informasi Terkini JKN

Situasi ini menimbulkan kecurigaan, terutama karena adanya informasi yang beredar. bahwa beberapa calon komisioner yang dinyatakan lulus memiliki nilai yang rendah. Kabar ini bahkan sempat viral melalui media sosial Instagram Prabumulih siru sebelumnya. Kemudian proses pelantikan yang terburu-buru, juga mengindikasikan adanya ketidak beresan.

BACA JUGA:Terbuat dari Fermentasi Ikan, Makanan Khas Sumatera Selatan jadi Penambahan Nafsu Makan

Pelantikan yang secara mendesak tersebutpun seolah sengaja dilakukan untuk menutup ruang untuk melakukan sanggahan.

BACA JUGA:Jangan Lupa Shalat Saat Karnaval, Ini Daftar Masjid Di Rute Karnaval

Menghadapi kondisi ini, sejumlah peserta Seleksi yang merasa dirugikan pun memilih untuk melaporkan kasus ini ke Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Sumsel. Sebelumnya, mereka juga telah mencoba mencari kebenaran kepada komisioner Bawaslu Provinsi Sumsel, untuk mengajukan pertanyaan mengenai adanya dugaan kecurangan dalam penetapan komisioner Bawaslu di Kota Prabumulih. 

BACA JUGA:Jangan Lupa Shalat Saat Karnaval, Ini Daftar Masjid Di Rute Karnaval

Namun, upaya ini tidak membuahkan hasil karena tak seorangpun anggota komisioner Bawaslu Sumsel tidak berada ditempat saat ditemui Senin (21/08/2023). Akhirnya rombongan bertolak menuju kantor Ombudsman untuk melaporkan dugaan maladministrasi, dari pelaksanaan ujian calon anggota konisioner Bawaslu hingga pengumuman. 

BACA JUGA:Tampil Nyaman, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Menonton Karnaval di Prabumulih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: