Upacara Mubus Babak, Tradisi Menangkap Ikan di Sumatera Selatan

Upacara Mubus Babak, Tradisi Menangkap Ikan di Sumatera Selatan

-Menangkap Ikan, Foto : Prabupos-

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu dari 38 Provinsi di Indonesia dan merupakan bagian dari Kerajaan Sriwijaya yang berpusat di Ibukota Provinsi Sumatera Selatan.

Sumatera Selatan dikenal dengan nama Bumi Sriwijaya. julukan Bumi Siriwijaya kepada Provinsi Sumatera Selatan bukan tanpa alasan, penamaan tersebut didasari karena pada abad ke-7 sampai dengan abad ke-12 Provinsi Sumatera Selatan merupakan ibu kota dari kerajaan bahari Budha terbesar di Asia Tenggara atau biasa kita kenal dengan nama Kerajaan Sriwijaya.

 

BACA JUGA:Segera Tinggalkan Rumah Dinas, Wako - Wawako Prabumulih Berkemas

BACA JUGA:Ini Pesan Wali Kota Prabumulih Untuk Mahasiswa Baru Universitas Prabumulih

Dengan sejarah yang cukup panjang membuat Provinsi Sumatera Selatan memilki banyak tradisi unik yang wajib untuk kalian ketahui.

Setiap daerah yang ada di Indonesia pasti memilki tradisi unik didalamnya, tentunya dengan tradisi adat yang berbeda beda begitupun tradisi yang ada di Sumatera Selatan.

 

BACA JUGA:Pencuri Uang Infaq Kotak Amal Masjid di Prabumulih Terekam CCTV

BACA JUGA:Sudah Punah, Lampu Strongking Penerang Tempoe Doloe Kini jadi Koleksi

Salah satu tradisi adat yang ada di Sumatera Selatan adalah mubus babak, Upacara mubus babak merupakan upacara yang dilakukan setelah kegiatan upacara tradisional sedekah rame dilakukan.

Mubus babak merupakan kegiatan menangkap ikan yang dilakukan secara bersama sama. acara ini diadakan untuk mendukung upacara tradisional agar dapat bergembira dengan membawa oleh oleh ikan untuk dibawa pulang kerumah.

 

BACA JUGA:2 Shio Wanita Ini Hanya Melirik Kepada Pria Kaya Raya Saja, Matre?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: