Giliran Guru dan Kepsek Melakukan Survey Lingkungan Belajar

Giliran Guru dan Kepsek Melakukan Survey Lingkungan Belajar

Para guru dan kepsek SMPN 10 Prabumulih saat mengikuti Sulingjar --

Kini Giliran Kepsek dan Guru Ikut Sulingjar 

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Setelah perwakilan setiap satuan pendidikan, mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (Ankb), kini giliran Kepala Sekolah dan para guru di jenjang SMP se Kota Prabumulih, mengikuti  Sulingjar yang merupakan singkatan dari Survei Lingkungan Belajar.

BACA JUGA:Seluruh Sekolah Diharapkan ANBK Mandiri

Diantaranya seperti Di SMP Negeri 10 Prabumulih, diikuti oleh seluruh tenaga pendidik yang ada di SMPN 10, berjumlah 24 PNS, 3 P3K dan 4 orang PHL.

Sulingjar dilaksanakan hari ini setelah sebelumnya Asesmen Nasional dilaksanakan oleh siswa pada 18-19 September lalu.

"Isi survey sulingjar ada tiga paket yang berbeda. Sebagian guru ada yang mendapat paket A, sebagian lain mendapat paket B dan C, jadi semua guru mendapatkan soal yang berbeda beda," ujar Plt Kepsek SMPN 10 Prabumulih, Mardiana MSi, Senin 25 September 2023.

BACA JUGA:Nilai Raport Pendidikan Membaik Malah Tak Membuat Bangga, Ada Apa .??

Lanjutnya, Hasil sulingjar dan Asesmen nasional nantinya, berupa rapor pendidikan sebagai acuan bagi Kepala Sekolah untuk membuat program sekolah selanjutnya. Karna Survei lingkungan belajar adalah alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan.

"Kita berharap para guru dan siswa mengisi soal asesmen sesuai petunjuk teknis. Sehingga hasil nilai raport pendidikan disekolah nanti bisa benar benar akurat," harapnya.

BACA JUGA:Evalusi Raport Pendidikan Hasil AN 2021 Memprihatinkan

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih, melalui Kasi kurikulum dan penilaian Bidang pembinaan SMP, Agus Apriatno megharapankan agar setiap guru dan kepala sekolah  berpartisifasi aktif dalam pelaksanaan Sulingjar.

BACA JUGA:Minta Penambahan Waktu, 14 Kontraktor Prabumulih Belum Kembalikan Kerugian Negara Hasil Audit BPK

Karena peran aktif mereka, memiliki dampak yang signifikan terhadap akurasi gambaran umum tentang iklim belajar serta iklim satuan pendidikan secara keseluruhan. 

 

"Walaupun hasil dari survei ini tidak akan dilaporkan sebagai hasil individu dari guru atau kepala sekolah, tetapi hasilnya akan memberikan kontribusi penting dalam menyusun gambaran kualitas pendidikan di masing-masing satuan pendidikan," bebernya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: