Asyik! Prabumulih Kecipratan DBH Sawit Rp8,6 Miliar, Ini Peruntukannya

Asyik! Prabumulih Kecipratan DBH Sawit Rp8,6 Miliar, Ini Peruntukannya

Asyik, Prabumulih Kecipratan DBH Sawit Rp8,6 Miliar-Foto : prabupos-

Asyik! Prabumulih Kecipratan DBH Sawit Rp8,6 Miliar, Ini Peruntukannya

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Tahun 2023 ini Kota Prabumulih kecipratan atau menerima Dana Bagi Hasil (DBH) sawit dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 8,6 Miliar.

DBH sawit ini, merupakan tahun perdana diterima oleh Pemerintah Kota Prabumulih. Kota Prabumulih sendiri diketahui bukanlah, kota penghasil utama sawit.

Pj Sekda Kota Prabumulih Drs Aris Priadi MSi menuturkan, DBH sebesar Rp 8,6 Miliar tersebut akan dialokasikan untuk sejumlah peruntukan.

BACA JUGA:Boikot Produk Israel, Sebagian Warga Prabumulih Beralih ke Produk Alternatif

"Ada pembagian 80 Persen untuk infrastruktur, 20 Persen untuk perlindungan sosial para pekerja, mungkin juga ada rehabilitasi untuk kebun," kata Aris Pribadi usai menggelar rapat pembahasan DBH sawit di Cafe Bang Ali, Selasa 14 November 2023.

Dengan adanya DBH tersebut, Pemkot melakukan sharing persiapan dengan menggelar rapat bersama sejumlah OPD diantaranya Disnaker, Dinas Pertanian, PUPR, BPKAD, BPJS Ketenagakerjaan.

"Hari ini rapat sharing untuk persiapan. Antara lain RKP-nya, sektor mana yang perlu sama-sama disiapkan dan juga termasuk peraturan walikota," ucapnya.

BACA JUGA:Alhamdulillah...Hari Pertama Aksi Penggalangan Dana untuk Palestina, PDB PGMI Berhasil Kumpulkan Rp 1,3 Juta

Disampaikannya DBH untuk Kota Prabumulih baru tahun ini diterima. Oleh karena itulah pihaknya akan mempersiapkan formula yang pas untuk sistem pembagiannya.

"Baru tahun ini makanya pas masuk ini kita mencari formula yang pas untuk follow up," tuturnya.

Disampaikannya, Kota Prabumulih memang bukan penghasil utama sawit m namun merupakan kabupaten kota pendamping penghasil. 

BACA JUGA:Mendekati Jadwal Pelaksanaan, Peserta Seleksi PPPK 2023 Kota Prabumulih Menunggu Jadwal Tes

"Kita kabupaten kota pendamping penghasil, bukan penghasil utama tapi kita ada Sawit di desa Karya Mulya ada 400 pekerja dengan luas 967 hektar," tukasnya menyampaikan tengah mempersiapkan penyerapan anggaran dari DBH sawit tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: