Jelang Persalinan, Deka Pastikan Status Kepesertaan JKN Aktif

Jelang Persalinan, Deka Pastikan Status Kepesertaan JKN Aktif

Jelang Persalinan, Deka Pastikan Status Kepesertaan JKN Aktif--

Jelang Persalinan, Deka Pastikan Status Kepesertaan JKN Aktif

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID – Sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih kembali menghadirkan layanan jemput bola atau yang dikenal BPJS Keliling.

Langkah tersebut merupakan upaya dalam memberikan pelayanan prima serta menjangkau masyarakat hingga pelosok desa. Kali ini, BPJS Keliling Cabang Prabumulih hadir di Desa Kemu, Ogan Komering Ulu Selatan, Senin (13/11).

BPJS Keliling sebagai kanal layanan tatap muka menggunakan roda empat memfasilitasi peserta dalam mendapatkan layanan administrasi kepesertaan, pengecekan dan pembayaran iuran serta informasi dan penyampaian pengaduan langsung yang berkaitan dengan Program JKN.

BACA JUGA:Bebas Ribet, JKN Tuntas Biayai Pengobatan Nurjanah

Dekaria Agustina (32) merupakan salah seorang warga Desa Kemu yang telah memanfaatkan layanan BPJS Keliling. Ia merasa terbantu dengan adanya BPJS Keliling ini karena tidak perlu repot lagi untuk datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan layanan administrasi kepesertaan.

“Jangka waktu persalinan yang semakin dekat membuat saya harap-harap cemas terkait pembiayaan proses persalinan.

Meskipun anak pertama saya lahiran normal, saya tidak mau mengambil risiko karena kemungkinan operasi itu tetap ada. Sudah sejak lama sebenarnya mau mengecek kepesertaan namun terhalang kondisi yang sedang hamil seperti ini membuat saya dan suami maju mundur untuk datang ke kantor, apalagi jarak yang cukup jauh.

BACA JUGA:BPJS Keliling Hadirkan Pelayanan Jemput Bola hingga Pelosok Desa

Alhamdulillah, hari ini ternyata ada BPJS Keliling jadi saya bisa mengecek kepesertaan dan ternyata masih aktif.

Saya bisa lebih tenang, karena telah memiliki jaminan kesehatan sehingga tidak perlu memikirkan biaya yang tak terduga nantinya,” ungkap Deka.

Selain menyediakan pelayanan administrasi kepesertaan, BPJS Keliling juga memberikan edukasi terkait penggunaan Aplikasi Mobile JKN kepada setiap peserta yang berkunjung. Adapun fitur yang disediakan dalam Aplikasi Mobile JKN terdiri atas fitur Pendaftaran Peserta, Perubahan Data Peserta, Ketersediaan Tempat Tidur, Obat Ditanggung, Lokasi Fasilitas Kesehatan, Premi, Jadwal Tindakan Operasi, Pendaftaran Pelayanan, Skrining Riwayat Kesehatan, Pembayaran, Konsultasi Dokter, Info JKN, serta Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB). 

BACA JUGA:Punya Tunggakan Iuran JKN, REHAB Solusinya

“Sesudah mengecek kepesertaan, kami juga diajari cara menggunakan Aplikasi Mobile JKN. Mulai dari melakukan download, registrasi hingga penjelasan terkait fitur-fitur yang ada di Mobile JKN. Ternyata cek status kepesertaan juga dapat dilakukan sendiri melalui handphone,” kata Deka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: