Meningkatkan Kinerja Pendidikan, Observasi Kinerja Kepala Sekolah di Prabumulih

Meningkatkan Kinerja Pendidikan, Observasi Kinerja Kepala Sekolah di Prabumulih

Meningkatkan Kinerja Pendidikan, Observasi Kinerja Kepala Sekolah di Prabumulih--Foto: Prabupos

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Koordinator Pengawas SMP Kota Prabumulih, Darmadi SPd MSi, telah memulai proses observasi terhadap kinerja Kepala Sekolah.

Kegiatan observasi ini penting untuk membantu guru dan kepala sekolah dalam mengevaluasi serta merefleksikan proses pembelajaran yang berlangsung di kelas. 

Selama observasi yang dijadwalkan dengan atasan, guru diharapkan melanjutkan pengajaran seperti biasa. 

Hal ini bertujuan agar atasan dapat mengidentifikasi aspek-aspek pembelajaran yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan, sehingga semangat guru dalam meningkatkan kinerja mereka dapat terjaga.

BACA JUGA:Pendidikan Vokasi yang Efektif, Mewujudkan Keterampilan Melalui Teaching Factory

BACA JUGA:Atlet Pencak Silat Prabumulih Siap Genggam Emas di Popnas 2024!

"Demikian pula, saat pengawas manajerial melaksanakan observasi kinerja kepala sekolah, kami telah menetapkan jadwal untuk pengisian komponen yang akan diobservasi dalam aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM)," ungkap Darmadi pada Rabu, 25 September 2024.

Kepala Sekolah SMK PGRI 2 Prabumulih ini menambahkan bahwa tujuan dari observasi adalah untuk menetapkan baseline kinerja sebelum langkah-langkah peningkatan dilakukan.

Ketika Kepala Sekolah melakukan observasi kelas, ia akan mengamati semua target perilaku yang ditentukan pada setiap fokus observasi, serta memberikan penekanan pada fokus yang telah dipilih oleh guru. 

Ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi dalam meningkatkan kualitas kinerja guru. Namun, pengawas akan menyesuaikan observasi dengan pilihan yang telah ditentukan oleh Kepala Sekolah dalam PMM.

BACA JUGA:Persiapan Lomba Gerak Jalan HUT RI ke - 79, Pasukan SDN 39 Prabumulih Rutin Latihan

BACA JUGA:PKBM Tunas Integritas, Meningkatkan Literasi dan Memberantas Buta Aksara di Rutan Prabumulih

Penilaian kinerja kepala sekolah juga berkaitan dengan penyusunan perencanaan untuk berbagai tingkatan, memimpin sekolah dalam pemanfaatan sumber daya secara optimal, serta mengelola perubahan dan pengembangan menuju organisasi pembelajar yang efektif.

"Indikator keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah mencakup kepribadian, pemahaman terhadap tenaga pendidik, visi dan misi sekolah, kemampuan mengambil keputusan, serta keterampilan komunikasi," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: